Ahad 16 Jun 2013 16:58 WIB

Sukabumi Pemasok Terbesar Daging Ayam ke Jakarta

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Djibril Muhammad
Daging ayam yang dijual di pasar tradisional.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Daging ayam yang dijual di pasar tradisional.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Pasokan daging ayam di Jakarta kebanyakan didatangkan dari sentra peternakan unggas di Kabupaten Sukabumi. Hal ini disebabkan lokasi Sukabumi jaraknya tidak terlalu jauh dari ibu kota.

"Setiap harinya ada 15 ribu ekor ayam yang dikirimkan ke Jakarta," ujar Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Sukabumi, Abdul Kodir.

Jumlah ini merupakan cukup banyak dibandingkan pasokan dari daerah lain. Kondisi tersebut, kata Kodir, menunjukkan besarnya potensi ternak unggas di wilayah Sukabumi.

Di Kabupaten Sukabumi terdapat sebanayk 482 lokasi ternak unggas yang tersebar di beberapa kecamatan. Bupati Sukabumi, Sukmawijaya mengatakan, besarnya pasokan ayam ke Jakarta menandakan  produksi unggas Sukabumi surplus. "Sehingga kebutuhan lokal sudah pasti terpenuhi," imbuh dia.

Khsusus menjelang datangnya puasa dan lebaran, ujar Sukmawijaya, pemkab telah mengumpulkan para peternak unggas pada beberapa hari lalu. Intinya, para peternak siap memenuhi kebutuhan masyarakat yang diperkirakan melonjak dibandingkan sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement