Senin 10 Jun 2013 07:46 WIB

BBM Belum Naik, Harga Sayuran di Cianjur Melonjak

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hazliansyah
Sayuran
Sayuran

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Harga sejumlah komoditas sayuran di Kabupaten Cianjur mengalami kenaikan. Kondisi ini salah satunya dikarenakan adanya rencana pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

Jenis sayuran yang harganya naik seperti cabai merah dari Rp 23 ribu per kilogram menjadi Rp 32 ribu per kilogram. Cabai keriting harganya naik dari Rp 24 ribu per kilogram menjadi Rp 48 ribu per kilogram.

"Kenaikan sudah terjadi sejak sepekan terakhir," ujar pedagang sayuran di Pasar Induk Cianjur, Fadhil (40 tahun). Hal ini dipicu dengan rencana kenaikan harga BBM.

Selain cabai, sayuran lainnya yang mengalami kenaikan harga yakni kentang dan tomat. Saat ini harga kentang mencapai Rp 10 ribu per kilogram, sebelumnya hanya 7.000 per kilogram. Sementara tomat harga naik dari Rp 7.500 per kilogram menjadi Rp 10 ribu per kilogram.

Pedagang sayuran lainnya, Yana (46) mengatakan, kenaikan harga dikhawatirkan akibat adanya penimbunan bahan pangan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Langkah ini diambil untuk mengambil keuntungan dengan menaikkan harga setelah adanya kepastian kenaikan BBM.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement