Senin 10 Jun 2013 05:03 WIB

Ahok: Pak Taufiq yang Pertama Ajak Saya ke Politik

Taufiq Kiemas
Foto: EPA/Bagus Indahono
Taufiq Kiemas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Bagi Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama alias Ahok, sosok almarhum Taufiq Kiemas memiliki peran yang besar dalam perjalanan hidupnya. Bagaimana tidak, mantan Bupati Belitung Timur ini mengaku Taufiq Kiemas merupakan orang yang pertama mengajak dirinya untuk terjun ke dunia politik. 

"Mungkin sedikit orang yang tahu jika sebenarnya orang yang pertama kali mengajak saya terjun ke dunia politik ya Pak Taufiq Kiemas pada tahun 1999 lalu. Saat itu, dia (Taufiq Keimas) yang menawarkan saya menjadi calon legislatif (caleg) DPR RI," ujar Basuki, usai menghadiri pemakaman Taufiq Kiemas di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Ahad (9/6), seperti dilansir situs beritajakarta. 

Bagi dia, salah satu kesan mendalam yang dirasakannya dari seorang Taufiq Kiemas yakni membuat perubahan dalam dunia politik dengan mencetuskan empat pilar kebangsaan. Pak Taufiq, kata Basuki, juga terus berusaha mencetak generasi muda berbakat agar bisa membangun bangsa ini. "Kalau di belakang kita dia baru bilang bangga. Karena kan ya kita ini produknya beliau. Itu faktanya beliau. Nah sekarang beliau pergi kan faktanya masih ada. Perubahan politik yang luar biasa," kata dia.

Ahok mengaku sangat kehilangan sosok Taufiq Kiemas. Meski begitu, kata Basuki, bangsa Indonesia harus rela melepas kepergiannya. "Kita kehilangan. Tapi mau bilang apa, Tuhan maunya cepat. Kita harus ikhlas melepas kepergian. Yang penting beliau sudah tanamkan 4 pilar kebangsaan," ujarnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement