Jumat 31 May 2013 23:01 WIB

Lapas Cebongan Siapkan Peralatan Telekonferens

Polisi berjaga di pintu masuk LP Cebongan, Yogyakarta, Sabtu (23/3),
Foto: AP/Slamet Riyadi
Polisi berjaga di pintu masuk LP Cebongan, Yogyakarta, Sabtu (23/3),

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sleman mempersiapkan peralatan untuk mendukung telekonferens para saksi kejadian penyerbuan oknum anggota Kopassus yang menewaskan empat tahanan Polda Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Persiapan mulai dilakukan dengan melihat jaringan internet yang sudah tersedia," kata mantan kepala Lapas Kelas IIB Cebongan, Sukamto Harto usai sertijab Kalapas IIB Sleman, Jumat (31/5).

Sukamto menjelaskan, persiapan memang sudah dilakukan beberapa waktu ini dan sudah ada petugas teknologi informasi yang datang. "Sudah ada petugas tim IT yang datang untuk melakukan beberapa persiapan terkait dengan saksi yang ingin telekonferens," katanya.

Ia mengakui, memang para saksi lebih nyaman bersaksi lewat telekonferens dalam insiden penyerangan pada 23 Maret 2013 lalu. "Memang ada aturan main jika para saksi tidak perlu datang ke pengadilan dan ikut langsung dalam persidangan. Para saksi memang meminta tidak perlu hadir ke pengadilan kalau kesaksian mereka bisa melalui telekonferen. Dan jika memang itu yang mereka inginkan tentu akan ada fasilitas untuk mendukungnya," paparnya menjelaskan.

Dikatakan Sukamto, ia sudah menyampaikan kepada para saksi agar bersedia memberikan kesaksian secara langsung.
"Kami beri keyakinan kepada para saksi bahwa kini tak ada lagi hal yang perlu dicemaskan," imbuhnya mengakhiri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement