Senin 06 May 2013 21:27 WIB

Tiga Soal Ujian Nasional SD Bingungkan Siswa Jambi

Kertas Soal Ujian Nasional
Foto: ROL/Muda Saleh
Kertas Soal Ujian Nasional

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Tiga soal Bahasa Indonesia pada Ujian Nasional (UN) Sekolah Dasar (SD) membingungkan siswa karena tidak ada perintah yang harus dilakukan.

Kepala SDN 130 Kota Baru Kota Jambi Halimah mengatakan  tiga pertanyaan pada soal Bahasa Indonesia nomor 29,30 dan 31 tidak menjelaskan  perintah yang harus dilakukan siswa sehingga para siswa kebingungan menjawabnya.

"Dari keseluruhan soal yang diterima oleh siswa, tiga di antaranya membuat siswa bingung, sebab tidak adanya kejelasan pertanyaan dari soal tersebut. Ada tiga soal, yaitu 29,30 dan 31," kata  Halimah di Jambi, Senin (6/5).

Dia menyebut para guru dan pengawas ujian juga dibuat bingung oleh soal tersebut. Tadinya kami juga bingung. Tapi, setelah mendapat intruksi dari dinas pendidikan, barulah kami bisa mengambil kesimpulan, ujar Halimah.

Kepala dinas Pendidikan Kota Jambi Rifa`i, mengatakan pada ujian hari pertama ini memang ada kendala sedikit, yakni ada tiga soal yang meragukan siswa untuk mengerjakan soal tersebut.

"Hari ini anak-anak mengikuti mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dalam soal tersebut ada bebera yang perintahnya tidak jelas. Jadi kami mengambil kesimpulan bahwa soal yang keliru itu tidak usah diisi," kata Rifa`i.

Dengan adanya persoalan tersebut, nantinya semua soal yang keliru tersebut diusahakan tidak masuk ke dalam nilai.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement