Selasa 09 Apr 2013 01:01 WIB

Jumlah Warga Miskin Batam Capai 100 Ribu Jiwa

Pelabuhan Batam
Pelabuhan Batam

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Wakil Wali Kota Batam Rudi memperkirakan jumlah warga miskin di kota itu mencapai 100.000 jiwa.

Ia mengatakan di Batam, Senin (9/4), berdasarkan laporan dari seluruh kelurahan yang ada di Batam, jumlah warga miskin 40.000 sampai 50.000 orang. Namun menurut dia, angka riil orang miskin mencapai 100.000 jiwa. "Data dari kelurahan 40-50 ribu, tapi sebenarnya ada 100.000 orang," kata Rudi.

Menurut dia, kebanyakan warga miskin di Batam adalah pendatang yang mencari nafkah di kota industri. Pendatang yang mencari nafkah di Batam tidak memiliki tempat tinggal, lalu membangun rumah ilegal (biasa disebut ruli atau rumah liar), kata Rudi.

Sebenarnya, industri di Batam memang membutuhkan banyak tenaga kerja. Sayangnya pendatang memiliki bekal pendidikan kurang, sehingga tidak tertampung di pabrik-pabrik yang ada.

Pemerintah daerah bersama pemerintah provinsi dan pemerintah pusat terus mengatasi pengentasan kemiskinan melalui berbagai program, di antaranya Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni dan Rumah Swadaya.

Tahun ini, kata dia, terdapat sekitar 600 unit rumah yang mendapatkan bantuan RLTH, 400 diantaranya bantuan Pemprov Kepri dan 200 lainnya dari Pemkot Batam. "Pemrov bangun dua, pemkot bangun satu," kata Rudi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement