Jumat 05 Apr 2013 18:39 WIB

Akil Mochtar Jadi Ketua MK, Ini Komentar Mahfud MD

Rep: Indah Wulandari / Red: Citra Listya Rini
Mahfud MD
Foto: padang-today
Mahfud MD

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Di tengah menjalankan ibadah umrah, mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode kedua Mahfud MD mengucapakan selamat kepada Ketua MK terpilih Akil Mochtar.

"Selamat atas pengukuhan Pak Akil sebagai Ketua MK. Dari Tanah Suci, saya terus berdoa untuk kebaikan MK," kata Mahfud dalam surat elektronik yang diterima Republika, Jumat (5/4).

Tak hanya berdoa untuk MK, Mahfud juga secara khusus mendoakan Akil agar tetap kuat menjadi nahkoda MK ke depan.

"Selama (saya) ini cukup mengenal Akil sebagai orang yang kuat, bukan hanya ilmunya tapi juga pendiriannya. Saya tahu betul bahwa Pak Akil tak pernah main-main, sikap dan pendiriannya selalu tegas," ujar Mahfud.

Seperti diketahui, Akil resmi terpilih menjadi Ketua MK setelah mengucapkan sumpah janji jabatan. Akil akan memimpin MK untuk periode 2012-2015 menggantikan Mahfud.

Sebelumnya, Akil memenangkan voting dalam rapat pleno terbuka untuk umum pada 3 April 2013 lalu melalui tiga putaran. Dia memperoleh tujuh suara dari sembilan Hakim MK. Sedangkan Harjono, yang maju pada putaran terakhir memperoleh dua suara dari sembilan hakim konstitusi MK.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement