Kamis 09 Nov 2023 16:45 WIB

Suhartoyo Jadi Ketua MK Baru, Ini Komentar Ganjar

Ganjar berharap Ketua MK baru, Suhartoyo bisa mengembalikan marwah MK.

Hakim Konstitusi Suhartoyo. Ganjar berharap Ketua MK baru, Suhartoyo bisa mengembalikan marwah MK.
Foto: Republika/Prayogi
Hakim Konstitusi Suhartoyo. Ganjar berharap Ketua MK baru, Suhartoyo bisa mengembalikan marwah MK.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bakal Calon Presiden RI Ganjar Pranowo berharap Suhartoyo yang terpilih sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi dapat mengembalikan muruah MK.

Ganjar mengucapkan selamat atas terpilihnya Suhartoyo menjadi Ketua MK menggantikan Anwar Usman yang dijatuhi sanksi pemberhentian dari jabatan oleh Majelis Kehormatan MK (MKMK).

Baca Juga

"Selamat bekerja," kata Ganjar usai menghadiri acara pelepasan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Ganjar berharap Suhartoyo dapat mengemban amanah. "Mudah-mudahan bisa membawa muruah MK kembali seperti semula," kata dia.

Sebelumnya, Ketua MK yang baru Suhartoyo dipilih melalui rapat pleno hakim secara tertutup dengan agenda musyawarah mufakat. Ketentuan tersebut sesuai dengan Pasal 5 ayat (1) Peraturan Mahkamah Konstitusi (PMK) Nomor 6 Tahun 2023 tentang Tata Cara Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi.

Rapat pleno hakim yang dimulai pukul 09.00 WIB itu dihadiri oleh sembilan hakim konstitusi. Dari hasil diskusi, didapat dua nama yang diajukan sebagai calon Ketua MK, yakni Suhartoyo dan Saldi Isra.

Suhartoyo dan Saldi Isra berdiskusi untuk mengambil kesepakatan siapa yang menjadi ketua dan wakil ketua, sementara tujuh hakim konstitusi lainnya meninggalkan ruangan rapat pleno hakim.

Tujuh hakim konstitusi lainnya kembali ke ruangan dan menyepakati hasil diskusi tersebut sebagai kesepakatan bersama. Ketua MK yang baru akan diambil sumpahnya di Gedung MK RI, Jakarta, Senin (13/11).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement