Kamis 09 Nov 2023 16:34 WIB

Ganjar ke Bobby: Sebaiknya Mengikuti Keputusan Kita

Bobby diminta untuk menyerahkan kartu anggota PDIP.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Teguh Firmansyah
Bakal calon presiden (capres), Ganjar Pranowo menyampaikan pidatonya dalam forum yang digelar oleh Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia yang mengangkat tema Arah dan Strategi Politik Luar Negeri, di Kantor CSIS Indonesia, Jakarta, Selasa (7/11/2023).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Bakal calon presiden (capres), Ganjar Pranowo menyampaikan pidatonya dalam forum yang digelar oleh Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia yang mengangkat tema Arah dan Strategi Politik Luar Negeri, di Kantor CSIS Indonesia, Jakarta, Selasa (7/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bakal calon presiden (capres), Ganjar Pranowo menanggapi singkat ihwal menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution yang mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Ia pun tak mempermasalahkan dukungan Wali Kota Medan itu.

"Tidak apa-apa silakan, boleh, boleh," ujar Ganjar di El Hotel, Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Baca Juga

Bobby sendiri diketahui masih berstatus sebagai kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Ia menghimbau, agar menantu Jokowi itu menyerahkan kartu tanda anggota (KTA) dan mengundurkan diri secara resmi.

"Karena kader PDI Perjuangan yang diajukan saya, maka sebaiknya mengikuti keputusan kita atau silakan mencari cara lain," ujar Ganjar.

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto menyinggung etika kepada Bobby. Khususnya setelah ia bersama Barisan Pengusaha Pejuang mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ia pun mengingatkan Bobby soal pertemuannya dengan Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan, Komarudin Watubun. Dalam pertemuan itu, menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu haruslah menyerahkan KTA dan mengundurkan diri secara resmi dari partainya.

"Etika politiknya ketika sudah memberikan dukungan kepada pihak lain, ya bertanggung jawab untuk mengundurkan diri," tegas Hasto di Kantor Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Jakarta, Rabu (8/11/2023) malam.

Ia sendiri belum mengkonfirmasi kepada Komarudin, apakah Bobby sudah mengembalikan KTA dan mengundurkan diri secara resmi dari PDIP. Jika belum, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Medan akan menyurati Bobby untuk mengembalikan KTA-nya.

"Kekuasaan itu mengandung sisi sisi gelap, nah sehingga tentu saja partai mengambil sikap dan proses itu sudah dijalankan oleh Ketua DPP Bidang Kehormatan Komarudin Watubun," ujar Hasto.

Barisan Pengusaha Pejuang mendeklarasikan dukungan kepada pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Organisasi tersebut dipimpin oleh menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution.

"Kami Barisan Pengusaha Pejuang dengan ini menyatakan mendukung, memilih, dan memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo-Gibran untuk menjadi presiden dan wakil presiden Republik Indonesia tahun 2024-2029," kata Bobby selaku Ketua Umum Barisan Pengusaha Pejuang mendeklarasikan dukungan di Ballroom Djakarta Theater, Jakarta.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement