Ahad 06 Jan 2013 07:21 WIB

625 Keluarga Miskin Dapat Bantuan Beli Ayam Buras

Peternakan ayam
Foto: M Syakir/Republika
Peternakan ayam

REPUBLIKA.CO.ID, KULON PROGO -- Sebanyak 625 orang dari keluarga miskin di Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendapat bantuan dari pemerintah setempat sebesar Rp 476 juta untuk mempercepat pengentasan warga miskin di wilayah itu.

Kepala Desa Hargowilis, Dalijan, Minggu, mengatakan bantuan akan digunakan untuk usaha budidaya ayam buras dan tanaman pisang secara kelompok.

Ia menambahkan masyarakat miskin Hargowilis juga mendapat bantuan dana pertanggung jawaban sosial (CSR) dari Bank BPD DIY sebesar Rp 100 juta.

"Kami berharap bantuan dari pemerintah daerah DIY tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha secara kelompok untuk membebaskan mereka dari kemiskinan," kata Dalija.

Dalija mengatakan tingginya angka kemiskinan di wilayahnya disebabkan oleh faktor rendahnya sumber daya manusia. Tidak adanya lapangan pekerjaan layak yang menyebabkan pengangguran.

Masyarakat pun belum mampu menangkap peluang usaha serta sering terjadinya bencana kekeringan saat musim kemarau dan bencana tanah longsor pada musim hujan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement