Senin 17 Dec 2012 22:37 WIB

Gunung Lokon Kembali Meletus

Rep: Fenny Melisa/ Red: Chairul Akhmad
Gunung Lokon
Gunung Lokon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Gunung Lokon kembali meletus, Senin (17/12) sekitar pukul 12.12 WITA.  Bunyi letusan gunung tersebut terasa sangat kuat sehingga membuat warga terkejut. 

Berdasarkan rilis yang diterima ROL dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tinggi letusan gunung aktif tersebut mencapai 3 kilometer.

Letusan keluar bersama dengan material abu vulkanik hasil erupsi yang menyebar sesuai arah angin yakni ke wilayah Selatan. Hujan abu diperkirakan jatuh di tempat yang jauh dari Kota Tomohon.

Kondisi masyarakat sekitar gunung Lokon tetap kondusif. Aktivitas berlangsung normal. Saat ini, Gunung Lokon berstatus siaga dengan radius bahaya 2,5 kilometer. Warga diimbau tetap tenang. 

Sejak ditetapkan status siaga pada 24 Juli 2011, Gunung Lokon telah meletus lebih dari 800 kali. Energi yang tersimpan diperkirakan masih besar.

"Terlebih lagi dengan seringnya terjadi gempa bumi di sekitar Sulawesi Utara ikut berpengaruh pada aktivitas Gunung Lokon tersebut," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement