Rabu 12 Dec 2012 13:31 WIB

Marzuki Alie Nggak Percaya Andi Terlibat Korupsi

Rep: Ira Sasmita / Red: Yudha Manggala P Putra
Ketua DPR RI, Marzuki Alie.
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Ketua DPR RI, Marzuki Alie.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Marzukie Alie meyakini rekannya di partai, Andi Mallarangeng, tidak terlibat korupsi meski sudah ditetapkan tersangka oleh KPK. 

Andi Mallarangeng dijadikan tersangka oleh KPK pada Kamis (06/12) pekan lalu, yang kemudian mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). 

"Saya nggak percaya dia terlibat dan ditetapkan sebagai tersangka," ujar Marzuki di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (12/12).

Ketua DPR RI itu menolak mengomentari persoalan Andi dari segi hukum. Karena ia yakin sebetulnya Andi tidak bersalah. 

Marzuki hanya mamparkan kalau Andi berada dalam situasi yang membuatnya tidak bisa menolak. Dia bahkan mengutip pernyataan ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD yang mengatakan Andi berada pada posisi tidak bisa menolak dan tidak nyaman dengan lingkungan sekitarnya. 

Lingkungan birokrasi yang kental dengan budaya korupsi itu yang disebut Marzuki kerap kali membuat beberapa politisi terbawa arus dan ikut-ikutan melakukan tindakan merugikan negara dan melanggar hukum.  Karena itu, dituntut ketegasan seorang pemimpin agar terhindar dari tindakan-tindakan yang berpotensi merugikan rakyat.

"Mungkin di sana kurangnya kepemimpinan hingga dia seolah-olah melakukan pembiaran," ujar Marzuki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement