Sabtu 27 Oct 2012 16:34 WIB

KPU: Penundaan Pengumunan Verifikasi tak Ganggu Proses Pemilu

Rep: asep wijaya/ Red: Taufik Rachman
Hadar Navis Gumay
Hadar Navis Gumay

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum bisa memastikan hasil verifikasi administrasi partai politik diumumkan besok, Ahad (28/10). Ketidakpastian itu kemudian memunculkan anggapan akan adanya potensi gangguan pada proses pemilu 2014.

Menanggapi hal itu, Komisioner KPU, Hadar Navis Gumay, menepis anggapan tersebut. Menurut dia, sejauh pengamatan dan perkiraan yang dibuat, potensi penundaan pengumuman verifikasi besok tidak mengganggu jalannya proses pemilihan umum presiden secara keseluruhan.

Hadar mengatakan, penundaan itu hanya akan mengurangi jatah hari untuk proses verifikasi faktual. Tahapan tersebut, ungkap Hadar, akan dijadwalkan berlangsung pada Senin (29/10) hingga Selasa (20/11).

Jadi, ucap Hadar, bilamana pengumuman verifikasi administrasi ditunda kembali, maka hal itu hanya akan berimplikasi pada pengurangan waktu pada tahapan selanjutnya. Dia menegaskan, pengurangan waktu tersebut tidak terlalu menjadi persoalan yang berarti.

"Itu terjadi kalau memang besok kembali ada penundaan untuk pengumuman verifikasi administrasi," ucap Hadar melalui sambungan telepon.

Seperti diketahui, KPU berencana mengumumkan hasil verifikasi administrasi partai politik, Ahad (28/10). Ketetapan itu dicapai setelah KPU menunda penyampaian hasil pada Selasa (23/10) dan Kamis (25/10).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement