Rabu 29 Aug 2012 13:15 WIB

Ultah DPR, Sidang Molor karena Anggota Telat

Sidang Paripurna DPR (ilustrasi)
Foto: Antara
Sidang Paripurna DPR (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Rapat paripurna dalam rangka ulang tahun DPR RI di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu (29/8), tertunda sekitar 30 menit dari jadwal pada pukul 10.00 WIB menjadi sekitar pukul 10.30 WIB karena menunggu kehadiran anggota.

Rapat paripurna tersebut mengagendakan pidato Ketua DPR RI Marzuki Alie berjudul "Respon DPR terhadap Tuntutan Masyarakat" serta laporan kinerja DPR periode Agustus 2011 hingga Agustus 2012.

Pada saat rapat paripurna dibuka oleh pimpinan sidang yakn Marzuki Alie, anggota DPR RI yang hadir baru sebanyak 284 anggota dari 560 anggota.

Sesuai aturan pada tata tertib DPR RI, persyaratan qorum rapat paripurna jika dihadiri oleh 50 persen anggota plus satu yakni minimal 281 anggota.

Berdasarkan data presensi kehadiran anggota yang berada di dekat pintu masuk ruang rapat paripurna sesuai dengan fraksinya tercatat, anggota Fraksi Partai Demokrat sebanyak 90 anggota dari 148 anggota, Fraksi Partai Golkar sebanyak 60 anggota dari 106 anggota, Fraksi PDI Perjuangan sebanyak 50 anggota dari 94 anggota.

Kemudian, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) 25 anggota dari 57 anggota, Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN) 20 anggota dari 46 anggota, Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPPP) 15 anggota dari 38 anggota, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) 6 anggota dari 28 anggota, Fraksi Partai Gerindra 10 anggota dari 26 anggota, serta Fraksi Partai Hanura 8 anggota dari 17 anggota.

Selama menunggu jumlah anggota yang hadir memenuhi persyaratan qorum, sebagian anggota DPR RI yang telah hadir tampak berbincang-bincang maupun menikmati jamuan minum dan makanan ringan di depan ruang rapat.

Ada juga anggota yang memilih duduk di dalam ruang rapat samnil memainkan telepon seluler dan komputer tablet.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement