Ahad 03 Jun 2012 22:40 WIB

Tim I Ekspedisi Khatulistiwa Tiba di Sebuku

Menhut Zulkifli Hasan melepas Tim Ekspedisi Khatulistiwa
Foto: Antara
Menhut Zulkifli Hasan melepas Tim Ekspedisi Khatulistiwa

REPUBLIKA.CO.ID, NUNUKAN -- Regu I Tim Ekspedisi Khatulistiwa 2012 Subkoordinator Wilayah 5/Nunukan, Kalimantan Timur, pada Minggu pukul 17.12 Wita telah tiba pada patok B.1385, Kecamatan Sebuku, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur.

Tim Penjelajah I dipimpin Letnan Dua (Inf) Anantha dari Satuan 81 Kopassus yang menelusuri patok-patok perbatasan Indonesia-Malaysia dari arah timur ke barat tepatnya di Kecamatan Sebuku dengan menempuh 214 kilometer perjalanan, jelas Wakil Komandan) Subkoordinator Wilayah (Koorwil) 5/Nunukan, Mayor (Inf) Achiruddin, di Nunukan, Minggu malam.

"Patok B.1385 tepatnya berada di Gunung Bujukbah yang merupakan gunung tertinggi di Kecamatan Sebuku dengan ketinggian sekitar 2.000 meter dari permukaan laut," ujarnya.

Selama melakukan penjelajahan sejak dilepaskan di titik nol di Sei Pancang Pulau Sebatik, Tim I telah menemukan 1.271 patok perbatasan, dengan kondisi patok masih lengkap namun sebagian besar telah berlumut.

"Data ini berdasarkan hasil kontak dengan Tim Penjelajah I pada Minggu (3/6) sore," kata Achiruddin.

Para anggota tim ini, sesuai kontak terakhir, menjelajah hutan tua yang belum terjamah oleh manusia dengan medan yang sangat terjal sepanjang 1.500-1.600 meter selama empat hari sejak Rabu (30/5) dan baru berhasil menyelesaikannya pada Minggu (3/6).

"Medan yang dilalui Tim Penjelajah I menantang karena harus naik turun gunung dengan menggunakan tali," katanya.

Sedangkan Tim Penjelajah II yang terdiri dari 10 personel dipimpinn Letda (Inf) Boby Kotachi dari Batalyon Raider 500 Surabaya, Jawa Timur, sejak dilepas di Long Medan Kecamatan Krayan pada Rabu (30/5) pukul 08.00 Wita, bergerak dari arah barat ke timur.

Sesuai dengan komunikasi terakhir pada Minggu (3/5) pukul 14.40 Wita, Tim Penjelajah II telah berada pada patok Y.1093 dengan jarak tempuh 19,9 kilometer.

"Saat ini Tim Penjelajah II telah memasuki Kawasan Taman Kayan Mentarang (KTKM) masih di Kecamatan Krayan," kata Achiruddin.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement