Kamis 31 May 2012 19:18 WIB

Anggaran Revitalisasi Keraton Cirebon Rp 70 Miliar

Rep: Ahmad Reza Safitri/ Red: Karta Raharja Ucu
Keraton Kasepuhan Cirebon.
Keraton Kasepuhan Cirebon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra), Agung Laksono mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan anggaran untuk melakukan revitalisasi terhadap cagar budaya yang ada. Upaya tersebut, dilakukan pemerintah untuk meningkatkan potensi wisata dari keberadaan cagar budaya tersebut.

Rencana revitalisasi tersebut akan dimulai dari Keratonan Cirebon, yakni sebanyak empat lokasi, Keraton Kacirebonan, Kasepuhan, Kanoman, dan Keprabonan. "Anggarannya sekitar Rp 70 miliar-an," kata Agung pada saat temu wartawan di kantornya, Kamis (31/5).

Jumlah anggaran tersebut, nantinya akan berasal dari dana bersama, seperti pemerintah pusat, kementerian, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. Namun, lanjut Agung, dana tersebut masih bersifat tentatif. Artinya masih bisa berubah sesuai dengan master plan yang tengah dipersiapkan.

Menteri 63 tahun itu menjelaskan, rencana tersebut sebelumnya telah digodok sejak 2003 lalu. Namun, kegiatan tersebut masih bersifat sporadis. Karena itu, mantan Ketua DPR itu berharap master plan yang saat ini dirancang, dapat segera selesai pada tahun depan.

Dengan rencana revitalisasi tersebut, pihaknya juga berharap dapat meningkatkan ekonomi kreatif bagi penduduk di sekitar lokasi. "Jadi bisa memakmurkan masyarakat sekitar," ujarnya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement