Selasa 20 Mar 2012 16:04 WIB

Sekjen PBB Minta Indonesia Sumbang Helikopter untuk Sudan

Rep: Esthi Maharani/ Red: Hafidz Muftisany
Presiden SBY dan Sekjen PBB Ban Ki-Moon
Presiden SBY dan Sekjen PBB Ban Ki-Moon

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Dalam pidato Sekjen PBB, Ban ki-Moon  secara eksplisit meminta bantuan Indonesia untuk Sudan. Ia meminta Indonesia bisa memberikan helikopter untuk negara tersebut. "Saya minta Presiden Indonesia untuk memberikan kontribusi dengan memberikan helikopter untuk Sudan," katanya, Selasa (20/3).

Setelah mengucapkan itu, seluruh hadirin termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tertawa dan memberikan tepuk tangan riuh.

Indonesia selama ini memberikan bantuan lewat pasukan penjaga perdamaian. Menurut Moon, pasukan penjaga perdamaian PBB asal Indonesia yang bertugas di Darfur, Sudan sudah membangun hubungan yang baik dengan masyarakat setempat.

Ia menceritakan,  pada awalnya,  mereka tidak disambut baik. Beberapa bahkan dilempar batu. Masyarakat setempat tidak tahu bahwa pasukan penjaga perdamaian itu datang untuk melindungi mereka. "Para penjaga perdamaian dari Indonesia awalnya tidak diterima karena untuk disana masyarakat dan para penjaga perdamaian membutuhkan kepercayaan,” katanya.

Ia mengisahkan bagaimana perjuangan pasukan penjaga perdamaian PBB asal Indonesia berhasil membawa seorang wanita hamil melewati militer Sudan. Hal kecil itu telah berdampak besar. "Para penjaga perdamaian Indonesia telah membuat jembatan dengan orang setempat,” katanya. Karena itu pula, ia mengharapkan Indonesia bisa berkontribusi lagi dengan memberikan helicopter pada negara tersebut.

Untuk diketahui selama tiga tahun terakhir, Indonesia sudah beberapa kali memberikan bantuan. Tahun lalu, Indonesia memberikan mobil taktis ke Sudan. Yakni mobil taknis jenis Barakuda buatan Korea sebanyak dua unit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement