Sabtu 04 Feb 2012 19:31 WIB

Semeru Berstatus Siaga, Wilayah Malang Aman

REPUBLIKA.CO.ID,LUMAJANG--Peningkatan status Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl, dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III) tidak membahayakan wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Sekretaris Palang Merah Indonesia (PMI), Kabupaten Malang, Apriliyanto, Sabtu mengatakan, peningkatan itu lebih mengarah ke wilayah Lumajang, sehingga untuk lima kecamatan di wilayah Kabupaten Malang yang terdekat dengan Semeru masih dalam kondisi aman.

"Guguran awan panas yang terjadi akibat peningkatan status Gunung Semeru kemungkinan hanya mengarah ke wilayah Lumajang, dan sampai kini wilayah Kabupaten Malang yang terdekat dengan Semeru masih aman," katanya.

Apriliyanto menjelaskan, meski dalam kondisi aman, pihaknya mengaku telah menempatkan sjeumlah relawan PMI di lima kecamatan terdekat dengan Semeru, seperti Kecamatan Ampelgading, Wajak, Tirtoyudo, Dampit serta Kecamatan Poncokusumo.

"Di masing-masing kecamatan terdapat sekitar 20 relawan PMI ditambah dengan petugas kecamatan setempat, hal ini sebagai antisipasi apabila ada kewaspadaan akibat Semeru," katanya.

Diakui Apriliyanto, lokasi kelima kecamatan tersebut merupakan wilayah terdekat dengan Gunung Semeru, sehingga masyarakatnya perlu waspada apabila aktivitas gunung itu mengalami peningkatan.

"Alhamdulillah, meski kemarin dikabarkan meningkat, namun hingga kini kami belum menerima laporan terkait adanya guguran awan panas yang menimpa lima kecamatan itu," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement