Kamis 22 Dec 2011 06:24 WIB

Nazaruddin Kutip BAP Rosalina Beberkan Keterlibatan Angelina Sondakh

Rep: Muhamamd Hafil/ Red: Djibril Muhammad
Terdakwa kasus dugaan suap wisma atlet SEA Games, Muhammad Nazaruddin, menjalani sidang dengan agenda mendengarkan jawaban penuntut umum atas eksepsi Nazaruddin di Pengadilan Khusus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Rabu (14/12).
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Terdakwa kasus dugaan suap wisma atlet SEA Games, Muhammad Nazaruddin, menjalani sidang dengan agenda mendengarkan jawaban penuntut umum atas eksepsi Nazaruddin di Pengadilan Khusus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Rabu (14/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kubu terdakwa kasus suap pembangunan Wisma Atlet M Nazaruddin 'menelanjangi' peranan Angelina Sondakh dalam kasus yang menimpa kliennya itu. Untuk keperluan itu, tim kuasa hukum Nazaruddin membeberkan berkas acara pemeriksaan (BAP) Mindo Rosalina Manullang, terpidana dalam kasus serupa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Rabu (21/12).

Dalam pengakuannya kepada penyidik, Rosalina yang saat itu diperiksa sebagai saksi untuk Nazaruddin  mengaku, pada sekitar Februari hingga Maret 2011, beberapa lama berselang setelah dirinya dikenalkan dengan Angelina itu mengubunginya untuk meminta bertemu.

Dalam pertemuan itu, Angelina mengungkapkan adanya hutang pekerjaan yang belum dilunasi oleh Nazar dalam hubungan bisnis Angelina  dengan suami dari Nazaruddin.

"Hitung-hitungan tersisa hutang antara Nazar dengan saya yang lalu masih ada sekitar 6 atau 8 miliar. tolong sampaikan dong ke bang Nazar," ujar Angelina sebagaimana dikutip Rosalina dalam BAP.

Menurut Rosalina, saat dirinya meminta catatan atas hutang tersebut, Angelina menolaknya. Meski begitu, Rosalina tetap menyampaikan pesan itu kepada Nazaruddin yang lalu dijawab bahwa mantan anggota Komisi III DPR itu tak memiliki hutang lagi dengan Angelina.

Nazaruddin kemudian justru memberikan Rosalina catatan yang dimasukkan ke dalam amplop untuk disampaikan ke Angie.

"Kemudian Nazaruddin menyampaikan kepada saya bahwa angelina Sondakh meminta semangka tahun lalu. Maksudnya adalah bahwa Angelina Sondakh meminta uang. Selanjutnya pak Nazaruddin menanyakan apakah sudah saya berikan. Saat itu saya jawab bahwa saya menjanjikan untuk memberikan uang kepada Angelina Sondakh keesokan harinya. Tetapi saya meminta untuk membicarakannya terlebih dahulu dengan pak Nazaruddin," beber Rosalina.

Uang yang diistilahkan 'semangka' tersebut,  setelah ditanyakannya kepada ANgelina, kemudian diketahui sebagai hutang sisa komitmen yang terhutang tahun lalu. Angelina merasa tak enak karena ditanyai Ketua Besar (Ketua Banggar) dan Ketua Komisi X karena uang itu tersendat dibayarkan.

Rosalina pun kembali ke Nazaruddin dan mendapati jawaban yang sama bahwa bos-nya itu mengaku hutang realisasi komitmen tahun lalu dengan Angelina sudah selesai dibereskan. Rosalina mengaku kembali disuruh membawa catatan untuk diberikan kepada Angelina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement