Ahad 04 Dec 2011 16:18 WIB

Ulat Bulu Bikin Resah Warga Lagi

Ulat bulut (ilustrasi)
Foto: Antara/Syaiful Arif
Ulat bulut (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, REMBANG-- Sebanyak 49 keluarga di Dusun Randumulyo Desa Sendang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, diresahkan dengan ulat bulu yang menyerang dusun itu satu bulan terakhir.

Berdasarkan pantauan, Ahad, ulat bulu berukuran panjang sekitar lima centimeter dan diameter sekitar tiga milimeter tersebut menyerang ratusan pohon mangga, kelapa, dan jati yang berada di pekarangan warga.

Ulat bulu yang April 2011 juga sempat menyerang sejumlah daerah di Kecamatan Sale dan Kota Rembang itu, juga tampak mulai merangsek masuk ke permukiman warga.

"Warga resah karena ulat bulu seperti tak bisa dikendalikan, meski warga sudah berupaya memberantasnya dengan melakukan pengasapan, serangannya justru makin menjadi," kata Abdul Muin, warga setempat.

Ia juga mengatakan, serangan ulat bulu juga diketahui sudah masuk ke sejumlah rumah warga, bahkan sudah masuk hingga kamar tidur beberapa keluarga.

Kepala Desa Sendang, Komariyah mengatakan, serangan ulat bulu kini juga sudah mulai menyebar ke desa lain di sekitarnya seperti Desa Terjan dan Watupecah.

"Kami sudah meminta bantuan Dinas Pertanian dan Kehutanan. Rencananya penyemprotan secara massal baru akan dilakukan Selasa (6/12)," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement