Selasa 02 Feb 2021 00:18 WIB

Petugas Damkar Basmi Serangan Hama Ulat Bulu di Tangsel

Sudah dua pekan belakangan serangan ulat bulu terjadi di wilayah Tangsel.

Rep: Eva Rianti / Red: Andi Nur Aminah
Petugas menyemprotkan insektisida untuk mencegah penyebaran ulat bulu.
Foto: Antara
Petugas menyemprotkan insektisida untuk mencegah penyebaran ulat bulu.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Warga yang bertempat tinggal di area Jalan PDAM, Kampung Cicentang, Kelurahan Rawa Buntu, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan dihebohkan dengan serangan hama ulat bulu. Setidaknya dalam dua pekan belakangan kondisi itu dialami oleh warga di kawasan tersebut. 

Menyikapi fenomena itu, petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Tangsel langsung terjun untuk menanganinya. Komandan Regu (Danru) Tim Charlie Damkar Tangsel Ilham Paturohman menuturkan, jumlah hama ulat bulu di kampung tersebut tak terhitung saking banyaknya. 

Baca Juga

"Sewaktu kami datang, jumlahnya sangat banyak ya. Dari keterangan warga juga sudah dua minggu lamanya serangan hama ulat bulu ini," kata Ilham kepada wartawan, Senin (1/2).

Ilham mengatakan, pihaknya melakukan upaya pembasmian terhadap hama ulat bulu yang bekeliaran dengan menggunakan semprotan gendong serta mengenakan masker. Para petugas menyemperotkan cairan pembasmi hama di sekitar pepohonan dan rumah warga.  "Kita gunakan obat hama curakon, satu botol ukuran 500 ml dengan perbandingan 1 liter air: 1 ml (obat hama). Alhamdulillah dalam proses penyemprotan hama ulat bulu tidak ada kendala," terangnya. 

Ilham menyampaikan kepada warga untuk segera menghubungi pihaknya jika hama ulat bulu kembali menyerang. Upaya penyemprotan cairan pembasmi hama sewaktu-waktu bisa dilakukan oleh para petugas saat warga membutuhkan pertolongan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement