Senin 17 Oct 2011 12:09 WIB

Anggito Abimanyu : Wakil Menteri Golongan Dibawah I A Harus Ditunda Pelantikannya

Rep: Yulianingsih/ Red: Stevy Maradona
Anggito Abimanyu
Anggito Abimanyu

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Ekonom UGM, Anggito Abimanyu yang sempat dicalonkan menjadi wakil menteri keuangan di era Menkeu Sri Mulyani mengatakan wakil menteri yang golongannya maish dibawah IA seharusnya ditunda pelantikannya.

Pasalnya sesuai dengan UU jabatan wakil menteri harus diisi dengan pejabat yang berada di golongan IA. "Kalau ada yang dibawah ituj harusnya ditunda pelantikannya seperti saya dulu," kata dia saat ditemui disela-sela peringatan dies natalis Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM di MM UGM, Senin (17/10).

Menurut Anggito, berdasarkan pemahamannya jabatan wakil menteri  itu didesain untuk memberikan kesempatan birokrasi menempuh karier tertinggi di birokrat. Karenanya seharusnya wakil menteri diisi oleh pejabat yang berkarier di internal kementrian yang ada.

"Wakil Menteri ini sebenarnya didesain bagi pejabat internal agar menduduki karier tertinggi karena menterinya sudah dari luar," paparnya.

Namun begitu dirinyha tidak tahu kenapa banyak wakil menteri yang kemudian diambil dari internal birokrasi. Karena didesain untuk karier tertinggi birokrat maka wakil menteri harus dijabat oleh golongan eselon I A yang lebih tinggi dari golongan eselon I pada umumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement