Kamis 13 Oct 2011 11:41 WIB

Gempa Bali Terasa Hingga Trenggalek-Pacitan

REPUBLIKA.CO.ID,TRENGGALEK--Gempa bumi berkekuatan 6,8 Skala Richter yang mengguncang kawasan Nusa Dua, Bali, Kamis, sekitar pukul 10.16 WIB, juga terasa hingga Kabupaten Trenggalek maupun kawasan perbatasan Jawa Timur-Jawa Tengah di Pacitan dan Ponorogo. Meski kekuatan gempa tidak sekuat di sekitar titik episentrum gempa yang berlokasi di titik koordinat 9.89 LS, 114.53 BT, goncangan sangat terasa dan sempat membuat warga terhenyak beberapa saat.

"Hanya sedikit kaget karena guncangannya terjadi saat jam kerja," ujar Sunarto, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Trenggalek. Aktivitas kantor pemerintahan secara keseluruhan berjalan normal, namun beberapa staf kesekretariatan daerah sempat terlihat berlarian keluar.

Kegemparan serupa, meski dalam skala terbatas, juga terjadi di gedung Bawarasa yang pada saat itu tengah menggelar pertemuan antara pejabat sekda yang baru, Sukiman, dengan para pejabat satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Informasi dari salah seorang pejabat yang mengikuti rapat, acara perkenalan sekaligus koordinasi dengan pejabat sekda baru yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIB tersebut sempat terhenti beberapa saat. "Gempanya terasa sekali sehingga beberapa dari kami sempat berdiri dan bahkan ada yang mencoba semburat keluar," tuturnya.

Tidak ada korban jiwa maupun kerusakan akibat gempa yang memiliki kedalaman 10 kilometer dan berjarak sekitar 148 kilometer barat daya Nusa Dua, bali tersebut. Namun demi mengantisipasi kemungkinan terburuk di masa mendatang, Bupati Mulyadi maupun Sekda Sukiman mengimbau agar warga tetap bersikap waspada.

Gempa yang berlangsung kurang lebih 30 detik tersebut juga dirasakan sejumlah warga yang tinggal di sekitar perbatasan Jawa Timur-Jawa Tengah, terutama di daerah Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan maupun kawasan Ponorogo Barat. "Di tempat kami (gempa) juga terasa. Seluruh isi ruangan di rumah-rumah penmduduk maupun perkantoran juga bergoyang cukup lama sehingga membuat warga sempat merasa was-was," ujarnya.

Gempa bumi menguncang kawasan Nusa Dua, Bali dengan kekuatan 6,8 Skala Richter. Informasi ini dilansir Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kamis (13/10). Diinformasikan, gempa terjadi pada pukul 10.16 WIB, dengan koordinat 9.89 LS, 114.53 BT atau sekitar 143 kilometer barat daya Nusa Dua, Bali, dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai dampak dari gempa ini. Berapa bangunan dilaporkan mengalami kerusakan. Selain itu, berdasarkan informasi yang dihimpun hingga siang ini, guncangan gempa terasa hingga Madura, Jember, Blitar, Surabaya dan Malang. 

sumber : antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement