Selasa 16 Aug 2011 23:32 WIB

Soal Kasus Cikeusik, Seskab Bilang Pemerintah tak Bisa Intervensi

Dipo Alam
Foto: antara
Dipo Alam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sekretaris Kabinet, Dipo Alam menegaskan, pemerintah tidak bisa mengintervensi putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Serang dalam kasus penyerangan anggota Ahmadiyah.

"Keputusan hakim ini di luar jangkauan pemerintah dan juga Presiden. Dalam sistem demokrasi yang kita anut, Eksekutif dan Yudikatif sebagai pilar-pilar demokrasi, saling menghormati independensi masing-masing dan tidak mungkin eksekutif untuk melakukan intervensi hukum," kata Dipo Alam dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Dipo menyatakan hal itu terkait keputusan majelis hakim Pengadilan Negeri Serang yang menjatuhkan vonis satu bulan sampai enam bulan penjara terhadap sejumlah terdakwa kasus penyerangan anggota Ahmadiyah beberapa waktu lalu. Sejumlah pihak menganggap vonis itu terlalu ringan dan tidak adil.

Meski tidak bisa melakukan intervensi, Dipo menegaskan, pemerintah pada dasarnya mengecam segala bentuk kekerasan terhadap warga negara.

"Kekerasan dan pembunuhan tidak dapat ditolerir dan saya mengecam terhadap semau aksi kekerasan dan pembunuhan atas dalih apapun," kata Dipo.

Dipo menjelaskan, umat Islam meganggap Ahmadiyah telah melakukan penistaan dengan tidak mengakui Nabi Muhammad SAW sebagai nabi terakhir.

Oleh karena itu, untuk menciptakan suasan aman, Dipo meminta para anggota Ahmadiyah untuk menaati Surat Keputusan Bersama tiga menteri.

"Apabila Ahmadiyah bersedia mengikuti ketentuan dalam SKB tiga Menteri dari pemerintah dalam penyebaran alirannya, atau mau mengakui dirinya sebagai sekte "kebudayaan", seperti aliran kepercayaan, bukan sebagai agama Islam, hal-hal seperti itu dapat dihindari," katanya.

Menurut Dipo, kasus Ahmadiyah memang bukanlah hal yang gampang untuk ditangani karena sudah menyangkut keimanan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement