Jumat 29 Jul 2011 16:08 WIB

Gubernur se-Sumatera Sepakat Kebut Proyek Jembatan Selat Sunda

Rep: Maspriel Aries/ Red: Stevy Maradona
Jembatan Selat Sunda akan menjadi jembatan terpanjang dunia dengan panjang mencapai 29 kilometer.
Foto: thepresidentpost.com
Jembatan Selat Sunda akan menjadi jembatan terpanjang dunia dengan panjang mencapai 29 kilometer.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG --- Rapat kordinasi Forum Gubernur se- Sumatera berakhir. Dalam penutupan yang dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, JUm’at (29/7) forum gubernur tersebut menghasilkan 10 kesepakatan agenda strategis yang akan dijadikan pedoman bagi kemajuan Sumatera.

Dalam kesepakatan yang disampaikan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin pada butir enam kesepakatan menyebutkan, 10 kepala daerah di Sumatera sepakat mempercepat realisasi pembangunan Jembatan Selat Sunda dan Jembatan Selat Melaka.

Selain jembatan 10 Gubernur di Sumatera juga pada butir lima kesepakatan, sepakat melakukan percepatan pembangunan Sumatera Railway, Sumatera Highway (termasuk jalan tol) dan peningkatan struktur dan kelas jalan feeder road Sumatera.

10 Butir kesepakatan yang akan menjadi agenda strategis tersebut ditandatangani 10  Gubernur se-Sumatera dihadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Gubernur Riau Rusli Zainal Ketua Forum Gubernur se-Sumatera  mengatakan, akan segera menindaklanjuti sepuluh agenda strategis tersebut. 

Pada rakor tersebut hadir beberapa menteri, diantaranya, Menko Perekonomian Hatta Radjasa, Menhut Zulkifli Hasan, Menteri/ Kepala Bappenas Armida Alisjahbana, Menteri ESDM Darwin Sahedy Saleh, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Agum Gumelar, dan beberapa pejabat tinggi lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement