Selasa 31 May 2011 15:22 WIB
Gunung Dieng

Warga Anggap Gas Beracun Hilang Karena Sinar Matahari

Rep: C19/ Red: Johar Arif
Kawasan bahaya gas baeracun CO2 di Dukuh Simbar, Sumberrejo, Batur, Banjarnegara, Jateng.
Foto: Antara
Kawasan bahaya gas baeracun CO2 di Dukuh Simbar, Sumberrejo, Batur, Banjarnegara, Jateng.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Warga yang berada dalam kawasasan radius bahaya Kawah Timbang di Gunung Dieng, Desa Simbar, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah diminta untuk mematuhi imbauan pemerintah. Terutama imbauan untuk mengungsi dari kemungkinan ancaman gas CO2 yang diakibatkan oleh meningkatnya aktivitas vulkanis kawah Timbang, yang terus berlangsung dalam beberapa hari terakhir.

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah, Hj Rustriningsih, yang dikonfirmasi per telepon mengatakan masih ada sebagian warga yang menolak untuk mengungsi.

Hal ini lantaran warga masih menganggap peningkatan aktivitas vulkanis di dataran tinggi Dieng ini sebagai sesuatu yang lumrah terjadi. "Warga bahkan beranggapan selama masih ada sinar matahari, maka gas beracun dalam udara akan hilang," ujar Wagub, Selasa (31/5).

Hasil rapat koordinasi Pemkab Banjarnegara bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah, Senin (30/5) malam, tercatat sudah ada sedikit 1.179 warga yang dievakuasi dari pemukimannya.

Selain menempati 17 titik aman dari ancaman gas beracun, mereka juga tinggal sementara di sejumlah rumah kerabat atau famili di luar desa yang saat ini masuk dalam radius bahaya ancaman gas CO2.

Untuk mengantisipasi warga yang masih enggan dievakuasi, Pemprov, Pemkab dan Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) setempat mempersiapkan sarana dan prasarana mobolisasi yang efektif untuk melakukan evakuasi warga. "Terutama jika sewaktu- waktu ancaman tersebut datang," ungkap Rustri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement