Sabtu 30 Oct 2010 00:11 WIB

Duh, Delapan Gunung Api dalam Status Waspada

Rep: M Ikhsan/ Red: Siwi Tri Puji B
Gunung Semeru
Foto: fulnorthps.sa.edu.au
Gunung Semeru

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Pascaletusan Gunung Merapi pada Rabu (27/10) lalu, saat ini terdapat delapan gunung berapi yang berstatus waspada. Demikian disampaikan Staf Khusus Presiden bidang Bencana Alam dan Bantuan Sosial, Andi Arief, mengutip data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Kedelapan gunung berapi yang berstatus waspada itu adalah Gunung Sinabung, Karo, Sumatera Utara; Gunung Talang, Solok, Sumatera Barat; Gunung Anak Krakatau, Lampung; Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat; Gunung Slamet, Tegal, Jawa Tengah; Gunung Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah; Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur; Gunung Bromo, Probolinggi, Jawa Timur.

Andi tidak menjelaskan apakah status itu dipengaruhi Gunung Merapi. Terkait dengan kondisi terakhir Gunung Merapi, Andi mengatakan, "Untuk menhindari kemungkinan tambahan korban akibat erupsi lanjutan, perlu dilakukan isolasi total di wilayah KRB (Kawasan Rawan Bencana) III," katanya, Jumat (29/10).

Mengenai perkembangan kejadian gempa di wilayah Indonesia, Andi mengatakan, gempa bumi baru saja terjadi di Samudera Hindia Barat Daya pukul 09.25 WIB dengan kekuatan 5,1 Skala Richter dengan kedalaman 55 kilometer. "Secara statistik, selalu diikuti gempa Ujung Kulon, Jabar, dan Sumatera. Mudah-mudahan tidak terjadi," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement