Jumat 18 Apr 2025 14:22 WIB

Jeep Siap Kembali Jadi Sponsor Juventus dalam Kesepakatan dengan Nominal Lebih Rendah

Juventus sedang dalam pembicaraan lanjutan dengan Jeep

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Jeep saat masih menjadi sponsor kaus depan Juventus
Foto: Marco Alpozzi/LaPresse via AP
Jeep saat masih menjadi sponsor kaus depan Juventus

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produsen mobil Jeep akan membayar hampir 25 juta euro atau sekira Rp 479 miliar per tahun untuk mengembalikan mereknya pada kaus hitam-putih klub sepak bola papan atas Italia Juventus. Dua sumber yang dekat dengan hal tersebut mengatakan kepada Reuters pada Kamis (17/4/2025).

Kesepakatan tersebut akan melanjutkan kemitraan multi-tahun setelah mantan juara Serie A tersebut gagal menemukan kesepakatan sponsor utama ketika kontrak sebelumnya dengan Jeep berakhir Juni lalu.

Baca Juga

Sebagai bagian dari Stellantis, produsen mobil terbesar keempat di dunia Jeep telah menjadi sponsor utama Juventus sejak 2012. Nilai sponsor Jeep telah meningkat secara bertahap selama bertahun-tahun hingga mencapai 45 juta euro atau sekira Rp 862 miliar per tahun.

Kurangnya sponsor utama membebani keuangan Juventus yang sudah tegang. Klub Turin itu akan menutup tahun fiskal 2024-2025 dengan defisit, meskipun pendapatan mereka meningkat karena kembali ke kompetisi Liga Champions Eropa.

Perusahaan induk Exor, perusahaan induk keluarga Agnelli dari Italia dan juga investor utama di Stellantis, bulan lalu terpaksa menyuntikkan 15 juta euro atau sekira Rp 287 miliar ke kas klub. Perusahaan tersebut telah mengalokasikan total 600 juta euro atau sekira Rp 11,5 triliun untuk Juventus selama enam tahun terakhir.

Juventus sedang dalam pembicaraan lanjutan dengan Jeep untuk kesepakatan kaus baru dengan nilai yang lebih rendah. Pembicaraan ini diharapkan akan selesai tepat waktu untuk Piala Dunia Antarklub FIFA di AS pada bulan Juni, kata sumber tersebut.

Logo 'Visit Detroit' dari biro pariwisata Detroit juga diharapkan muncul di kaus Juventus, kata sumber tersebut, yang memberikan klub potensi peningkatan pendapatan tambahan.

Namun, hanya merek Jeep yang akan muncul di bagian depan kaus dalam kompetisi Eropa, sejalan dengan aturan UEFA yang membatasi sponsor kaus depan, kata sumber tersebut.

Juventus mengonfirmasi diskusi yang sedang berlangsung dengan mitra papan atas untuk perjanjian sponsor kaus depan. Tidak ada perjanjian yang telah diselesaikan, dan hasilnya masih belum pasti, katanya dalam sebuah pernyataan.

Stellantis dan Visit Detroit tidak segera tersedia untuk dimintai komentar. Detroit adalah rumah bagi Stellantis di AS, induk dari mantan grup Chrysler.

Potensi kembalinya Jeep sebagai sponsor utama Juventus bersama dengan Visit Detroit pertama kali dilaporkan awal bulan ini oleh situs web spesialis SportBusiness.

Juventus, yang mendominasi sepak bola Italia selama hampir satu dekade hingga 2020, telah berjuang untuk mendapatkan kembali kilaunya di lapangan setelah skandal akuntansi, yang konsekuensinya termasuk larangan mengikuti kompetisi Eropa pada musim 2023/2024. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement