Sabtu 26 Oct 2024 05:46 WIB

Vinicius Junior Favorit Kuat Raih Penghargaan Ballon d'Or 2024

Pemenang Ballon d'Or diumumkan pada Senin (28/10/2024) di Paris.

Penyerang Real Madrid Vinicius Junior.
Foto: EPA-EFE/KIKO HUESCA
Penyerang Real Madrid Vinicius Junior.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penampilan memukai Vinicius Jr bersama Real Madrid telah menempatkan pemain depan berusia 24 tahun itu sebagai favorit untuk meraih penghargaan Ballon d'Or pertamanya. Penghargaan untuk pemain terbaik di dunia versi majalah France Football itu akan diumumkan di Paris pada Senin (28/10/2024).

Vinicius mencetak 24 gol dan mengemas 11 assist dalam 39 penampilan yang menjadi kunci untuk membantu raksasa Spanyol itu menjalani musim 2023/24 yang nyaris sempurna. Los Blancos merebut kembali gelar La Liga dan mengangkat trofi Liga Champions untuk ke-15 kalianya untuk memecahkan rekor.

Baca Juga

Pemain Brasil itu mencetak gol di final Liga Champions saat Madrid mengandaskan Borussia Dortmund 2-0 di Stadion Wemblet. Ia dinobatkan sebagai pemain terbaik kompetisi tersebut.

Bursa taruhan mendukung Vinicius untuk memenangi penghargaan tersebut, mengungguli gelandang Spanyol dan Manchester City Rodri serta pemain Inggris Jude Bellingham.

Ia berambisi menjadi orang Brasil pertama sejak Kaka pada tahun 2007 yang memenangi penghargaan tersebut dan menjadi orang ketiga di luar nama Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo yang mengklaimnya sejak tahun 2008.

Ini akan menjadi pertama kalinya sejak 2003 di mana baik Messi maupun Ronaldo tidak masuk dalam daftar 30 nominasi akhir.

Ronaldo telah memenangkan penghargaan tersebut sebanyak lima kali. Ia gagal masuk nominasi tahun lalu setelah pindah ke Arab Saudi. Messi, yang memenangkan penghargaan tersebut untuk kedelapan kalinya pada tahun 2023, tidak masuk nominasi meskipun Argentina menang di Copa America.

Pemenang sebelumnya Luka Modric (2018) dan Karim Benzema (2022) juga tidak masuk dalam daftar pendek France Football.

Pesaing terdekat Vinicius tampaknya adalah Rodri, pemain yang disebut Pep Guardiola sebagai "gelandang terbaik di dunia". Rodri berperan penting dalam membantu City memenangkan trofi keempat Liga Primer Inggris berturut-turut. Ia dinobatkan sebagai pemain terbaik di Piala Eropa tahun ini setelah membantu Spanyol mengangkat gelar keempat sepanjang masa untuk memecahkan rekor.

Bellingham dinobatkan sebagai Pemain Terbaik La Liga setelah mencetak gol terbanyak sepanjang kariernya, 19 gol dalam debut yang gemilang di Ibu Kota Spanyol. Ia juga membantu Inggris mencapai final Euro 2024.

Meski aksi Vincius bersama Brasil di Copa America tak mengilap, penampilan gemilangnya di Liga Champions telah menempatkannya di posisi terdepan. Ia menjadi orang Brasil pertama yang mencetak gol di dua final Liga Champions, setelah mencetak satu-satunya gol di final 2022 melawan Liverpool dan lagi tahun ini dalam kemenangan 2-0 atas Dortmund.

Dalam Ballon d'Or Feminin untuk wanita, Barcelona yang memenangi Liga Champions Wanita mengirimkan enam wakilnya dalam daftar, termasuk pemenang tahun lalu Aitana Bonmati dan pemenang dua kali Alexia Putellas.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement