Jumat 11 Oct 2024 06:59 WIB

Tanpa Bintang Liga Inggris, Korsel Kalahkan Yordania, Australia Raih Kemenangan Pertama

Son mengalami cedera hamstring saat beraksi untuk Tottenham.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain Australia melakukan selebrasi seusai mengalahkan Cina pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 di Adelaide Oval Adelaide, Australia, Kamis (10/10/2024). Australia menang atas Cina dengan skor 3-1. Gol Australia dicetak Lewis Miller menit ke-47, Craig Goodwin menit 53 dan Nishan Velupillay menit ke-92. Satu gol Cina dicetak Xie Wenneng di menit ke-20.
Foto: EPA-EFE/MATT TURNER
Pemain Australia melakukan selebrasi seusai mengalahkan Cina pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 di Adelaide Oval Adelaide, Australia, Kamis (10/10/2024). Australia menang atas Cina dengan skor 3-1. Gol Australia dicetak Lewis Miller menit ke-47, Craig Goodwin menit 53 dan Nishan Velupillay menit ke-92. Satu gol Cina dicetak Xie Wenneng di menit ke-20.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski kehilangan bintang Liga Primer Inggris Son Heung-min dan Hwang Hee-chan yang cedera, Korea Selatan mampu memetik kemenangan 2-0 atas Yordania untuk memuncaki Grup B Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia Asia Zona Asia pada Kamis (10/10/2024).

Son mengalami cedera hamstring saat beraksi untuk Tottenham pada September, tetapi Hwang dari Wolverhampton Wanderers harus dibantu keluar lapangan setelah hanya bermain selama 20 menit di Amman.

Baca Juga

Tanpa penyerang-penyerang besar, Lee Jae-sung menyundul gol pembuka untuk Korsel dan Oh Hyeon-gyu memastikan kemenangan setelah jeda untuk menjaga tim tetap pada jalur untuk tampil di Piala Dunia untuk ke-11 kalinya berturut-turut.

"Son Heung-min tidak bermain di lini serang, jadi kami punya rencana B," kata pelatih Korea Hong Myung-bo. "Hwang Hee-chan mengawali pertandingan dengan baik, tetapi sayangnya ia cedera dan harus meninggalkan lapangan. Mengingat kondisi cederanya saat ini, akan sulit bagi Hwang Hee-chan untuk bermain di pertandingan kedua (melawan Irak pada Selasa) tetapi kami akan memantau kondisinya."

Yordania tetap berada di posisi ketiga di Grup B sementara Irak berada di posisi kedua, dengan poin yang sama dengan Korsel setelah mengalahkan tim Palestina 1-0 di Basra. Oman mengalahkan Kuwait 4-0.

Di Grup C, Australia kembali ke jalurnya dengan mengalahkan China 3-1 dalam pertandingan pertama pelatih Tony Popovic sebagai pelatih. The Socceroos hanya meraih satu poin dari dua pertandingan pembuka mereka pada September, dan mereka mengkhawatirkan yang terburuk setelah 19 menit di Adelaide Oval.

Xie Wenneng berlari menyambut sundulan Zhang Yuning untuk melepaskan tembakan yang tak terlalu keras di kotak penalti dan membungkam mayoritas dari 46 ribu penonton. Australia, yang mengincar penampilan keenam berturut-turut di Piala Dunia, berjuang keras mengubah penguasaan bola menjadi peluang bersih, tetapi. Tepat sebelum jeda, Lewis Miller menyundul tendangan bebas Craig Goodwin ke gawang untuk gol internasional pertamanya.

Goodwin mencetak gol kedua yang spektakuler dari luar kotak penalti delapan menit setelah babak kedua dimulai untuk membawa Australia unggul 2-1. Nishan Velupillay menambahkan gol ketiga pada waktu tambahan saat debutnya untuk memastikan kekalahan ketiga China dalam tiga pertandingan.

"Kami hampir meraih satu poin dalam pertandingan ini," kata pelatih China Branko Ivankovic. "Jadi yang perlu kami lakukan sekarang adalah terus maju, menjaga semangat dan berjuang untuk pertandingan berikutnya, yang sangat penting. Pertarungan sesungguhnya baru saja dimulai."

Jepang mengalahkan Arab Saudi 2-0 di Jeddah untuk tetap berada di puncak grup dengan tiga kemenangan dari tiga pertandingan. Daichi Kamada dari Crystal Palace mencetak gol dari jarak dekat setelah 14 menit dan Koki Ogawa menyundul gol kedua di akhir pertandingan.

Hasil itu membuat Arab Saudi, Australia, dan Bahrain, yang bermain imbang dengan Indonesia 2-2, semuanya mengantongi empat poin.

Pemimpin Grup A Uzbekistan dan Iran, yang di dalamnya Saleh Hardani dikeluarkan setelah 57 menit, bermain imbang 0-0 di Tashkent dan masing-masing memiliki tujuh poin di Grup A. Uni Emirat Arab bermain imbang dengan Korea Utara 1-1 untuk tetap berada di posisi ketiga, dan tuan rumah Piala Dunia 2022 Qatar meraih kemenangan pertamanya, mengalahkan Kirgistan 3-1 untuk naik ke posisi keempat Grup A.

Dua tim teratas dari masing-masing tiga grup yang terdiri dari enam tim lolos langsung ke Piala Dunia. Tim yang berada di posisi ketiga dan keempat melaju ke babak kualifikasi keempat untuk bersaing memperebutkan dua tempat tersisa di Asia.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement