Rabu 09 Oct 2024 21:37 WIB

Eliano Reijnders: Tijjani, Tunggu Aku di Piala Dunia!

Eliano berharap bisa membawa Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Eliano Reijnders dalam sesi latihan timnas Indonesia di Hamad Town Youth & Sports Ground pada Selasa (8/10/2024)  petang.
Foto: dok PSSI
Eliano Reijnders dalam sesi latihan timnas Indonesia di Hamad Town Youth & Sports Ground pada Selasa (8/10/2024) petang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mimpi tampil di Piala Dunia menjadi salah satu alasan bagi pemain naturalisasi akhirnya memilih kewarganegaraan Indonesia. Salah satu pemain yang bertekad main di Piala Dunia bersama Indonesia adalah Eliano Reijnders.

Eliano bersama Mees Hilgers telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah menjalani proses sumpah pewarganegaraan yang dilakukan di Brussels, Belgia beberapa waktu lalu. Keduanya pun kini sudah resmi pindah federasi dari KNVB (Belanda) menjadi PSSI.

Baca Juga

Mereka berdua juga termasuk dalam daftar 27 pemain yang dipanggil pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong untuk menghadapi matchday ketiga dan keempat Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Keduanya berpeluang besar debut bersama timnas Indonesia pada Kamis (10/10/2024) melawan Bahrain.

Eliano mengatakan, selain faktor orang tua karena ibunya berdarah Maluku, ia siap membela timnas Indonesia karena ingin bermain di Piala Dunia. Impian dan target utamanya adalah berlaga di panggung sepak bola terbesar dunia itu bersama Garuda.

Dia juga berharap kakaknya Tijjani Reijnders lolos ke Piala Dunia 2026. Tijjani kini menjadi bagian dari timnas Belanda.

Dalam sebuah wawancara dengan Skor.id, Eliano dengan bahasa Indonesia terbata-bata menantang kakaknya untuk sama-sama lolos ke Piala Dunia 2026 yang akan digelar di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

"Tijjani tunggu aku di Piala Dunia, menyala abangku!, King Indo nih, Senggol dong," kata Eliano dalam wawancara yang berlangsung di Jakarta beberapa waktu lalu.

Eliano juga membidik target lain untuk bisa membawa Indonesia juara Piala Asia. Namun konsentrasi dan fokus saat ini adalah meloloskan Indonesia ke Piala Dunia 2026.

Selain faktor sang ibunda, Ivar Jenner yang terlebih dahulu bergabung dengan skuad Garuda menjadi orang yang berpengaruh bagi Eliano dalam mengambil keputusan menjadi WNI.

"Tapi semua itu diserahkan kepada saya, untuk mengikuti apa kata hati nurani," ujar Eliano yang mengaku suka dengan kuliner sate, nasi goreng, dan soto ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement