Jumat 04 Oct 2024 16:22 WIB

Pimpinan DPRD Jakarta Resmi Dilantik, Khoirudin Jadi Ketua

PKS merupakan partai pemenang di Provinsi Jakarta pada Pileg 2024.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Mas Alamil Huda
Ketua DPW PKS DKI Jakarta Khoirudin telah resmi dilantik sebagai ketua DPRD Jakarta.
Foto: Republika/Bayu Adji P
Ketua DPW PKS DKI Jakarta Khoirudin telah resmi dilantik sebagai ketua DPRD Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pimpinan DPRD Provinsi DKI Jakarta periode 2024-2029 resmi dilantik dalam rapat paripurna pada Jumat (4/10/2024). Pelantikan itu didasari oleh Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.4-4162 Tahun 2024 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Provinsi DKI Jakarta.

Terdapat lima orang pimpinan DPRD Provinsi DKI Jakarta, yaitu Khoirudin dari Fraksi PKS sebagai ketua, Ima Mahdiah dari Fraksi PDIP, Rany Mauliani dari Fraksi Partai Gerindra, Wibi Andrino dari Fraksi Partai Nasdem, dan Basri Baco dari Fraksi Partai Golkar sebagai wakil ketua.

Baca Juga

Dalam pelantikan itu, lima pimpinan DPRD juga mengucapkan sumpah janji yang dipandu oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Provinsi DKI Jakarta Dr Artha Theresia. Adapun bunyi sumpah janji itu sebagai berikut:

"Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai ketua, wakil ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila, dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekeja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang atau golongan.

Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia."

Usai mengucapkan sumpah janji, para pimpinan DPRD Provinsi DKI Jakarta yang telah dilantik itu kemudian menandatangani berita acara. Setelah itu, dilakukan penyerahan palu sidang dari Ketua Sementara DPRD Provinsi DKI Jakarta Achmad Yani kepada Khoirudin sebagai ketua definitif.

Berdasarkan pantauan Republika, pelantikan pimpinan DPRD Provinsi DKI Jakarta itu dihadiri oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Tak hanya itu, sejumlah tokoh juga terpantau hadir, seperti mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan calon gubernur (cagub) Jakarta Ridwan Kamil bersama pasangannya, Suswono.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement