Kamis 03 Oct 2024 10:37 WIB

Sistem Perpustakaan Digital Universitas Nusa Mandiri: Kemudahan Akses Perpustakaan

Sistem ini dirancang untuk mempermudah akses mahasiswa dan seluruh sivitas akademika.

Universitas Nusa Mandiri (UNM) terus berinovasi dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung kebutuhan akademik. Salah satu langkahnya meluncurkan sistem informasi perpustakaan berbasis web yang dapat diakses melalui https://elibrary.nusamandiri.ac.id.
Foto: Universitas Nusa Mandiri
Universitas Nusa Mandiri (UNM) terus berinovasi dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung kebutuhan akademik. Salah satu langkahnya meluncurkan sistem informasi perpustakaan berbasis web yang dapat diakses melalui https://elibrary.nusamandiri.ac.id.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Nusa Mandiri (UNM) terus berinovasi dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung kebutuhan akademik. Salah satu langkahnya meluncurkan sistem informasi perpustakaan berbasis web yang dapat diakses melalui https://elibrary.nusamandiri.ac.id. Sistem ini dirancang untuk mempermudah akses mahasiswa dan seluruh sivitas akademika terhadap berbagai koleksi literatur yang dimiliki oleh Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM).

Menurut Nur Zainah, Pustakawan Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM), website eLibrary UNM memungkinkan pengguna untuk menelusuri koleksi buku, jurnal, dan prosiding yang tersebar di tiga cabang perpustakaan UNM, yaitu Margonda, Jatiwaringin, dan Kramat. Dengan demikian, mahasiswa dapat dengan mudah mengetahui ketersediaan buku atau sumber referensi yang mereka butuhkan tanpa harus datang langsung ke perpustakaan.

Baca Juga

“Selain fitur pencarian dan pengelompokan koleksi, website ini juga menyediakan informasi yang lengkap mengenai status ketersediaan buku. Mahasiswa dapat melihat apakah buku yang mereka cari sedang dipinjam atau tersedia untuk dipinjam. Dengan adanya fitur ini, mahasiswa dapat lebih efisien dalam mengatur waktu kunjungan mereka ke perpustakaan,” katanya dalam rilis yang diterima, Kamis (3/10/2024).

“Salah satu keunggulan utama dari sistem ini, jelas Nur Zainah, adalah adanya fitur booking buku secara online. Mahasiswa dapat melakukan pemesanan buku yang ingin mereka pinjam melalui website sebelum datang langsung ke perpustakaan. Fitur ini sangat membantu dalam menghindari antrian atau ketersediaan buku yang terbatas, terutama saat periode sibuk seperti menjelang ujian atau skripsi,” terangnya.

Dengan sistem berbasis web ini, ungkap Nur UNM berharap layanan perpustakaan menjadi lebih mudah diakses kapan saja dan di mana saja. Mahasiswa hanya perlu terhubung ke internet untuk bisa menikmati seluruh layanan ini. Selain itu, sistem ini juga diharapkan mampu meningkatkan minat baca dan kualitas riset mahasiswa dengan akses yang lebih mudah terhadap berbagai sumber literatur.

“Kehadiran sistem informasi perpustakaan berbasis web ini adalah bukti komitmen Universitas Nusa Mandiri dalam memberikan layanan pendidikan yang lebih modern dan inovatif. Dengan dukungan teknologi, UNM terus berupaya memberikan yang terbaik bagi perkembangan akademik mahasiswa serta mendukung kegiatan penelitian dosen dan sivitas akademika lainnya,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement