Kamis 03 Oct 2024 06:30 WIB

Dishub Kota Depok Operasikan Bus DAMRI Rute Sawangan-Bandara

Layanan bus DAMRI akan dikenakan tarif percobaan sebesar Rp 50 ribu per penumpang.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Layanan bus DAMRI di Pool Damri Botani Square, Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat tujuan Bandara Soekarno-Hatta.
Foto: ANTARA/Arif Firmansyah
Layanan bus DAMRI di Pool Damri Botani Square, Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat tujuan Bandara Soekarno-Hatta.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok bekerja sama dengan Badan Pengelolaa Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub mengoperasikan layanan transportasi publik bus DAMRI dengan rute Terminal Sawangan-Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Banten.

"Kita kembangkan rute DAMRI dengan tujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan kualitas transportasi publik di Kota Depok," kata Kadishub Kota Depok Zamrowi di Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (2/10/2024).

Baca: KSAL Pimpin Sertijab dan Kenaikan Pangkat Pati TNI AL

Zamrowi mengatakan, pengembangan dan penambahan transportasi tersebut berdasarkan kajian mendalam. Menurut dia, selama ini telah dilakukan pengembangan layanan dengan fokus pada segmen kelas menengah ke atas terkait bus DAMRI tersebut.

"Hasilnya menunjukkan bahwa warga di wilayah barat Depok membutuhkan layanan transportasi yang nyaman dan aman," kata Zamrowi.

Baca: Dubes Jepang Sambut Kru KRI Bima Sakti Sudah Tiba di Yokosuka

Dia menyebut, Dishub Kota Depok juga sudah menyediakan fasilitas pendukung, seperti area parkir yang aman dan memadai bagi penumpang yang ingin naik bus DAMRI. Langkah itu juga bertujuan untuk mengurangi kepadatan di Terminal Depok dengan membagi pola pergerakan warga.

"Dengan adanya rute baru ini, diharapkan akses warga menuju Bandara Soekarno-Hatta menjadi lebih mudah dan tidak terpusat di satu lokasi," ucap Zamrowi.

Dishub Kota Depok optimistis, meskipun proses penyelesaian jalur transportasi tidak mudah, dengan perencanaan yang matang dan sosialisasi yang baik, layanan tersebut akan berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Setidaknya warga di wilayah barat Depok tidak kesulitan mendapatkan armada menuju Bandara.

Baca: Prabowo Subianto Terima Kunjungan Silaturahim Pimpinan MPR RI

"Kami yakin layanan ini akan membawa dampak positif bagi warga Depok, terutama dalam menyediakan transportasi yang lebih baik dan terjangkau," kata Zamrowi.

Menurut Zamrowi, layanan bus DAMRI akan dikenakan tarif percobaan sebesar Rp 50 ribu per penumpang. "Tarif sangat terjangkau berkat subsidi dari DAMRI," kata Zamrowi.

Zamrowi menambahkan untuk jadwal keberangkatan mulai pukul 05.00 WIB sampai 19.00 WIB setiap jamnya. Jadwal keberangkatan itu berawal dari Terminal Sawangan dan SPBU BP/Khalifa. Adapun dari Bandara Soekarno-Hatta, bus akan beroperasi mulai pukul 07.00 hingga 21.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement