Rabu 02 Oct 2024 12:49 WIB

Arteta Puji IQ Sepak Bola Kai Havertz Usai Jadi Man of The Match Laga Arsenal Vs PSG

Havertz selalu mencetak gol dalam tiga laga terakhir Arsenal di semua kompetisi.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain Arsenal Kai Havertz.
Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Pemain Arsenal Kai Havertz.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua belas bulan lalu, Kai Havertz tampak seperti pemain cadangan di Arsenal setelah kepindahannya yang menelan biaya besar dari Chelsea. Namun sekarang, penyerang Jerman itu sepenuhnya menunjukkan biaya 65 juta poundsterling atau sekitar Rp 1,32 triliun untuk merekrutnya cukup pantas dengan awal musim yang sensasional.

Pemain berusia 25 tahun itu membawa Arsenal meraih kemenangan kandang 2-0 atas Paris Saint-Germain di Liga Champions pada Rabu (2/10/2024) dini hari WIB. Ia berlari dan menyundul bola dengan tepat waktu pada menit ke-20 untuk membuka skor.

Baca Juga

Setelah hanya mencetak gol dalam 10 pertandingan untuk Arsenal musim lalu, Havertz sekarang sudah mencetak gol kelimanya bersama the Gunners musim ini. Dalam laga kontra PSG, Havertz didapuk sebagai man of the match.

"Ia luar biasa. IQ bermain sepak bolanya, cara ia memahami ruang, pengaturan waktunya, ia menyatukan orang-orang," kata pelatih Arsenal Mikel Arteta, yang menunjukkan kepercayaan besar pada Havertz bahkan ketika ia sedang berjuang musim lalu.

"Etos kerjanya luar biasa dan sekarang ia menjadi ancaman nyata di sekitar kotak penalti. Ia salah satu pemain utama kami saat ini."

Laga ini memuaskan bagi Arteta, di mana Arsenal mendominasi salah satu tim unggulan Eropa pada babak pertama. The Gunners kemudian dengan nyaman menahan tamunya setelah jeda.

"Sangat, sangat senang dengan penampilan kami. Kami menghadapi lawan yang sangat berkarakter, sangat sulit dihadapi saat Anda tidak menguasai bola," katanya.

"Babak pertama sangat dominan dan kami menciptakan banyak peluang, lalu babak kedua ceritanya berbeda. Kami lebih menderita dari yang seharusnya. Liga Champions membawa tuntutan yang berbeda, tetapi saya pikir kami menanganinya dengan sangat baik."

Kemenangan ini, setelah hasil imbang 0-0 saat bertandang ke Atalanta, mendorong Arsenal ke posisi kedelapan dalam tabel 36 tim. Arteta mengatakan masih terlalu dini untuk mulai memprediksi berapa banyak kemenangan lagi yang dibutuhkan timnya untuk lolos otomatis ke babak 16 besar.

"Saya bahkan tidak melihat tabel," katanya. "Tetapi saya pikir ini akan menjadi perjalanan yang panjang."

Peningkatan lain bagi Arsenal adalah melihat pemain baru Mikel Merino keluar dari bangku cadangan untuk penampilan pertamanya di babak kedua setelah absen pada awal musim karena cedera.

Sisi negatifnya, fullback Jurrien Timber terpaksa keluar pada babak pertama karena masalah otot.

"Dia luar biasa di babak pertama, tetapi dia merasakan sesuatu yang berotot dan dia tidak yakin," kata Arteta tentang pemain Belanda yang absen hampir sepanjang musim pertamanya di klub karena cedera lutut serius.

"Jadi saya "Kami tidak mau ambil risiko. Dia sudah absen selama setahun dan bermain dalam waktu yang lama, mungkin lebih banyak dari yang kami harapkan dalam beberapa pekan terakhir." 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement