Selasa 01 Oct 2024 07:55 WIB

Soal Meja Rapat Mewah Berhiaskan Kolam dan Air Mancur, Ketua KPU: Ornamen Biasa

Keberadaan kolam dengan air mancur di meja rapat kantor KPU dianggap biasa saja.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Mas Alamil Huda
Rapat antara pimpinan KPU, Bawaslu, dan DKPP di Kantor KPU RI, bernuansa mewah dan ada kolam di tengah.
Foto: Republika.co.id
Rapat antara pimpinan KPU, Bawaslu, dan DKPP di Kantor KPU RI, bernuansa mewah dan ada kolam di tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mochammad Afifuddin buka suara terkait ruangan sidang di kantornya yang berhiaskan kolam dan air mancur di tengah meja melingkar. Keberadaan kolam dengan air mancur itu dinilai tidak mewah atau biasa saja.

"Ya itu kan ornamen biasa saja. Kalau saya melihat kan biasa, kayak sidang-sidang waktu kita beli penetapan, bunga-bunga, biasa saja," kata dia, Senin (30/9/2024)

Baca Juga

Menurut Afifuddin, masyarakat dapat memberikan peniliaian terkait keberadaan ornamen itu. Namun, baginya hal itu merupakan sesuatu yang biasa.

Ia menilai, keberadaan kantor yang bagus akan mendukung kenyamanan para anggota KPU. Apalagi, tak jarang rapat di Kantor KPU RI dilaksanakan hingga 24 jam.

"Selagi kemudian prosesnya tidak ada masalah di keuangan dan seterusnya, apalagi urusan-urusan kesekretariatan, ya menurut saya enggak ada masalah," ujar dia.

Ia menambahkan, kondisi Kantor KPU RI saat ini sudah relatif nyaman dan dapat digunakan untuk kegiatan dengan layak. Karena itu, banyak kegiatan yang diselenggarakan di Kantor KPU RI.

"Itu kan manfaatnya kan biar juga kegiatan, aktivitas juga berjalan dengan, terfasilitasi dengan baik. Insya Allah enggak berlebihan juga kok," ujar Afifuddin.

Sejumlah foto yang memotret kegiatan rapat antara pimpinan KPU, Bawaslu, dan DKPP, di Kantor KPU RI, ramai disorot warganet di media sosial X. Pasalnya, rapat itu digelar dalam ruangan dengan desain mewah.

Dalam foto itu, nampak sebuah meja melingkar yang digunakan para pimpinan lembaga penyelenggara pemilu itu menggelar rapat pada 12 Agustus 2024 lalu. Di tengah meja bundar itu, terdapat kolam dengan desain bebatuan dan tanaman lengkap dengan air mancur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement