Sabtu 21 Sep 2024 07:28 WIB

Duet Erick Thohir-STY Bawa Indonesia ke Peringkat 129 FIFA, Tinggalkan Malaysia

Indonesia naik empat peringkat di daftar peringkat yang diumumkan FIFA pekan ini.

Rep: Fitriyanto/ Red: Andri Saubani
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, bertemu pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, pada Senin (20/2/2023) untuk membahas persiapan timnas.
Foto:

Pada Juni lalu, kontrak Shin Tae-yong resmi diperpanjang oleh PSSI hingga 2027. Sebulan setelah, Pemerintah Indonesia memberikan fasilitas Golden Visa kepada STY.

STY pun bertekad untuk bekerja lebih keras demi kiprah sepak bola Indonesia usai mendapatkan Golden Visa langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Dengan diberikan oleh Pak Presiden Golden Visa ini, saya merasa harus bekerja lebih keras lagi untuk sepak bola Indonesia," kata STY.

"Memang sepak bola Indonesia saat ini masih di bawah ya secara rankingnya, tetapi harus lebih kerja keras lagi agar bisa menantang Piala Dunia yang akan datang nanti," ujarnya, menambahkan.

Menurut STY, Golden Visa yang diberikan merupakan bentuk pengakuan pemerintah dan masyarakat Indonesia kepada dirinya. "Pertama, saya bangga dengan diri saya, artinya sudah bekerja selama 4,5 tahun karena artinya mendapatkan pengakuan baik dari masyarakat dan Pak Presiden langsung," ujar Shin.

photo
Komik Republika Si Calus TIMNAS - (Daan Yahya/Republika)

Pemain naturalisasi

Terkait pemain naturalisasi, STY menyebut program naturalisasi di bawah kepemimpinan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, telah membuat skuad Garuda lebih kuat untuk bisa bersaing lebih baik. Ia membeberkan, peran pemain naturalisasi terbukti mampu meningkatkan kualitas dan memberi warna baru, sehingga memperkuat skuad timnas.

"Dengan adanya pemain naturalisasi menjadikan timnas semakin kuat," kata STY, pada Maret lalu.

Lebih lanjut dia membeberkan, program naturalisasi yang dilakukan PSSI membuat dirinya memiliki banyak alternatif dalam menentukan pemain. STY mengaku lebih leluasa untuk memilih skuad dibanding sebelumnya.

Pelatih asal Korea Selatan itu pun optimistis, ke depan keberadaan pemain naturalisasi tidak hanya mampu meningkatkan kualitas timnas, tetapi juga mampu memacu para pemain lokal untuk tampil lebih baik. Menurutnya, persaingan yang sehat akan memberikan manfaat besar dalam menciptakan skuad timnas yang lebih tangguh.

Shin juga berupaya untuk terus mendorong para pemain lokal agar meningkatkan levelnya, guna bisa bersaing dengan para pemain naturalisasi. Ia berharap, dengan adanya pemain naturalisasi, para pemain lokal bisa lebih berjuang untuk menjadi lebih baik lagi, sehingga akan berdampak kepada kemajuan timnas Indonesia.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement