Rabu 18 Sep 2024 08:22 WIB

Penggunaan Aplikasi Pengelolaan Bank Sampah dan Laporan Keuangan Berbasis Website

Adanya Aplikasi Web Bank Sampah diharapkan membantu pencatatan dan laporan.

Dosen dan mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) menggelar kegiatan lanjutan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM).
Foto: dok Republika
Dosen dan mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) menggelar kegiatan lanjutan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dosen dan mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) menggelar kegiatan lanjutan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM). Ini merupakan rangkaian kegiatan Hibah dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek Kemendikbud) Republik Indonesia (RI) sebagai pemberi pendanaan Tahun 2024 Pada Bank Sampah Melati Bersih RW 012 Atsiri Permai.

Kegiatan PkM ini diadakan pada Ahad (8/9/2024) pukul 08.30 – 12.30 WIB di Aula Uswatun Hasanah Atsiri Permai, Jl Kenanga 6, Kelurahan Ragajaya, Kecamatan Bojonggede, Bogor. PkM ini mengusung tema “Workshop Penggunaan Aplikasi Pengelolaan Bank Sampah Dan Laporan Keuangan Berbasis Website” Bank Sampah Melati Bersih RW 012 Atsiri Permai.

Baca Juga

Tim dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) yang melaksanakan kegiatan ini terdiri dari Frisma Handayanna, Sri Rusiyati dan Indah Purnamasari, serta mahasiswa yaitu Feby Farhan Nabila dan Natasya Anjani.

Frisma Handayanna selaku ketua kegiatan PkM menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan-kegiatan sebelumnya.

“Adanya Aplikasi Web Bank Sampah Atsiri Permai diharapkan dapat bermanfaat dan membantu dalam pencatatan dan pengelolaan Bank Sampah serta pembuatan Laporan Keuangan pada Bank Sampah Melati Bersih Atsiri Permai RW 012,” terang Frisma dalam rilis yang diterima, Rabu (18/9/2024).

Ia juga berharap semua ilmu yang sudah diperoleh dapat diterapkan dan disebarkan ke nasabah bank sampah dan masyarakat luas serta dapat dilanjutkan sebagai bekal berwirausaha.

Sementara itu, Hj Duriyatullum’ah selaku ketua Bank Sampah Melati Bersih (BSMB) RW 012 Atsiri Permai menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat membantu dan bermanfaat bagi anggotanya.

“Kami juga akan menerapkan Aplikasi Web Bank Sampah yang telah diberikan serta berharap anggota serta pengurus dapat menularkan ilmu yang diperoleh ke masyarakat sekitarnya,” katanya.

Pada kesempatan ini, narasumber kegiatan, Miftah dan tim menyebutkan bahwa di era digital sekarang ini penting menggunakan Aplikasi Web Bank Sampah.

“Dengan aplikasi web bank sampah Atsiri Permai ini dapat memudahkan dalam pencatatan, pengelolaan Bank Sampah, laporan ke nasabah dan pembuatan laporan keuangan, tidak secara manual lagi serta lebih efektif dan meminimalisasi adanya kesalahan dalam pencatatan,” tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement