Selasa 17 Sep 2024 19:03 WIB

Pemprov DKI Jakarta akan Perbanyak Rute Layanan Transjakarta Jika Ada Acara di JIS

Konser Bruno Mars di JIS akhir pekan lalu mengakibatkan penumpukan kendaraan pribadi.

Jakarta International Stadium (JIS).
Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Jakarta International Stadium (JIS).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengevaluasi penambahan rute layanan Transjakarta menuju Jakarta International Stadium (JIS) apabila ada suatu acara. Tujuannya untuk memberikan alternatif kepada warga menggunakan transportasi umum yang aman dari kemacetan.

"Ke depan mungkin bisa koordinasi dengan Transjakarta, kita perbanyak rute ke sana, jam-jam buka loketnya. Sudah dengan TransJakarta tetapi mungkin masih kurang berarti bisa dievaluasi penambahan-penambahan saat ada kegiatan di JIS," kata Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi di Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Baca Juga

Pernyataan ini sebagai tanggapan Pemprov DKI atas kepadatan lalu lintas usai konser penyanyi Bruno Mars di JIS pada pekan lalu akibat penumpukan kendaraan pribadi penonton ke lokasi konser. Adapun mengenai lahan parkir, Heru mengatakan Pemprov DKI sudah melakukan penambahan dari fasilitas yang ada termasuk di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Namun, dia mengakui lahan yang tersedia belum mencukupi untuk menampung lebih banyak kendaraan.

"Lahan parkir masih bisa di Ancol kan. Tetapi itu belum cukup kalau pengunjung yang datang lebih banyak.," ujar dia.

Sebelumnya, pengelola Transjakarta menambah jam operasional dua rute yakni koridor 14 (Jakarta International Stasium atau JIS- Senen) dan Rute 14A (Juanda - JIS). Kedua layanan ini melayani pelanggan hingga pukul 00.00 WIB.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta sebelumnya memberlakukan rekayasa lalu lintas sehubungan dengan konser musik Bruno Mars di JIS pada 11, 13 dan 14 September 2024. Pemprov DKI kala itu menutup sejumlah ruas jalan dan memberikan rute alternatif bagi masyarakat selama kegiatan berlangsung.

Selain itu, ada sejumlah layanan angkutan umum yang melintas di lokasi konser dan bisa menjadi pilihan bagi penonton atau masyarakat yang akan datang atau meninggalkan lokasi. Kemudian, bagi penonton yang membawa kendaraan pribadi, bisa mengakses kantong parkir di luar area JIS, yaitu di Kawasan Ancol dan menyediakan bus antar jemput untuk mendukung mobilisasi pengunjung dari kantong parkir menuju Pintu Ancol Karnaval.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement