Ahad 15 Sep 2024 16:53 WIB

Evaluasi Konser Bruno Mars di JIS, Pemprov DKI: Mayoritas Masih Gunakan Kendaraan Pribadi

Padahal, sarana transportasi umum ke JIS sudah cukup lengkap.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andri Saubani
Konser Bruno Mars.
Foto: Antara
Konser Bruno Mars.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perhelatan konser Bruno Mars di Jakarta International Stadium (JIS) selama tiga hari telah selesai dilaksanakan. Meski dianggap sukses, masih banyak catatan terkait pelaksanaan konser di stadion yang berlokasi di Jakarta Utara itu.

Kepala Seksi Operasi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Utara Ikhwan mengatakan masih terdapat catatan terkait pelaksanaan konser penyanyi asal Amerika Serikat itu di JIS. Salah satunya adalah karena mayoritas penonton masih menggunakan kendaraan pribadi. 

Baca Juga

"Memang idealnya itu untuk JIS menggunakan transportasi umum. Apalagi transportasi umum ke JIS juga cukup lengkap, seperti Transjakarta atau Mikrotrans," kata dia saat dihubungi Republika, Ahad (15/9/2024).

Ia mengatakan, Transjakarta telah menyediakan angkutan tambahan dan menambah waktu operasional selama konser Bruno Mars pada Rabu (11/9/2024), serta Jumat (13/9/2024) dan Sabtu (14/9/2024). Namun, menurut dia, masih banyak penonton konser yang membawa kendaraan pribadi.

Karena itu, ia berharap, ke depan masyarakat dapat menggunakan transportasi publik ketika hendak ke JIS. Apalagi ketika terdapat kegiatan besar di JIS. Di sisi lain, Ikhwan menambahkan, lahan parkir di JIS juga harus ditambah. Pasalnya, wilayah itu merupakan kawasan permukiman.

"Kemarin itu kami sediakan kantong parkir itu di Ancol Beach City. Dari kantong parkir itu, seberangnya pintu masuk ke JIS. Sebenarnya di sana lahan parkirnya cukup, tapi kesadaran masyarakat kurang," kata dia.

Ia menjelaskan, masyarakat yang membawa kendaraan pribadi lebih banyak yang memilih memarkirkan kendaraannya di tempat parkir liar, seperti di pinggir jalan. Alhasil, hal itu mengganggu pengguna jalan lain.

"Padahal sudah kami arahkan ke parkir resmi, tapi masih ada yang memilih parkir liar. Tinggal kesadaran masyarakat. Karena kalau banyak yang parkir liar, transportasi publik juga terhalang lajunya. Maka kami sarankan transportasi publik," kata dia. 

Sebelumnya, Kepala Departemen Hubungan Masyarakat dan CSR Transjakarta Ayu Wardhani mengatakan, ada perpanjangan jam operasional di dua rute, yakni Koridor 14 (JIS-Senen) dan Rute 14A (Juanda-JIS). Kedua layanan tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang ingin menonton konser maupun setelah konser selesai di JIS.

“Kedua layanan ini akan melayani pelanggan lebih lama, yakni hingga pukul 00.00 WIB untuk layanan reguler, sehingga pelanggan tidak perlu khawatir untuk akses transportasi, baik menuju lokasi acara maupun saat kembali ke rumah masing-masing meski larut malam,” kata dia melalui siaran pers, Selasa (10/9/2024).

Ayu menambahkan, selain menambah waktu operasional, masyarakat yang ingin berkegiatan di sekitar lokasi konser juga bisa memanfaatkan layanan Angkutan Malam Hari (AMARI). Ia menyebutkan, layanan itu beroperasi normal mulai pukul 22.00-05.00 WIB di 14 koridor utama.

Menurut dia, dengan layanan yang disediakan, mobilitas masyarakat yang hendak menonton konser Bruno Mars akan makin dimudahkan. Karana itu, ia mengimbau masyarakat yang hendak ke JIS untuk menyaksikan penyanyi asal Amerika Serikat itu untuk menggunakan transportasi publik, terutama Transjakarta.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement