Ahad 15 Sep 2024 09:41 WIB

Ketua Asprov PSSI Sulteng Kecewa dengan Wasit Laga Aceh vs Sulteng di PON

Asprov Sulteng akan melayangkan surat keberatan ke PSSI.

Mobil ambulance mengevakuasi wasit yang dipukul saat pertandingan babak 8 besar sepak bola putra antara Aceh melawan Sulteng pada PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Stadion H Dimurthala, Banda Aceh, Aceh, Sabtu (14/9/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Mobil ambulance mengevakuasi wasit yang dipukul saat pertandingan babak 8 besar sepak bola putra antara Aceh melawan Sulteng pada PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Stadion H Dimurthala, Banda Aceh, Aceh, Sabtu (14/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Ketua Asprov Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Sulawesi Tengah (Sulteng) Hadianto Rasyid menyatakan kekecewaannya terhadap kepemimpinan wasit dalam laga babak delapan besar antara Aceh melawan Sulteng pada ajang PON XXI Aceh-Sumut 2024. Wasit laga dinilainya mendzalimi pemain Sulteng.

"Saya yakin hampir semua masyarakat Sulteng menyaksikan pertandingan sepak bola antara kesebelasan Sulteng melawan Aceh. Kita bisa saksikan bagaimana pertandingan ini begitu bobrok, dan bagaimana kepemimpinan wasit betul-betul mendzalimi pemain Sulteng," kata Hadianto Rasyid, Ahad (15/9/2024).

Baca Juga

Ia menekankan pertandingan babak delapan besar Aceh vs Sulteng pada Sabtu (14/9/2024) malam merupakan sebuah laga yang memalukan. Karena tindakan yang dinilai tidak profesional dari wasit yang memimpin pertandingan.

Ia mengaku telah menghubungi pihak PSSI untuk mengajukan dan akan melayangkan surat keberatan kepada PSSI atas ketidakadilan wasit dalam memimpin jalannya laga kali ini. Ia menyampaikan siapa pun yang memiliki harga diri, akan menilai pertandingan malam ini merupakan pertandingan memalukan dan bobrok.

"Dengan kepemimpinan yang benar-benar tidak adil, kepemimpinan yang betul-betul bobrok, menunjukkan bagaimana model persepakbolaan kita yang sangat parah dengan apa yang disaksikan malam ini," ujarnya.

Ia menilai setelah laga sepak bola Aceh melawan Sulteng yang diwarnai ketidakadilan itu, pertandingan berikutnya sudah tidak lagi memiliki nilai. Pertandingan yang merupakan perhelatan PON 2024 ini, kata dia, juga telah mencoreng nama Indonesia dan persebakbolaan nasional.

"Jika memang keinginan untuk memberikan emas kepada siapa, maka berikan saja emasnya. Tidak perlu lagi mengadakan pertandingan berikutnya karena pertandingan berikutnya sudah tidak memiliki nilai, sudah tidak memiliki harga diri," ujarnya.

Meski demikian, ia menyatakan rasa bangga kepada tim sepak bola Sulteng yang telah berjuang dan menampilkan permainan terbaik pada ajang PON 2024. Tim sepak bola Putra Sulteng memutuskan untuk WO (walkover) dari pertandingan babak tambahan setelah hasil akhir di babak kedua imbang 1-1.

Dalam laga ini, tim sepak bola Sulteng mendapat tiga kartu merah yang menyebabkan pemain Sulteng hanya tersisa delapan orang.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement