Jumat 13 Sep 2024 06:44 WIB

AHY Berhasil Pertahanan Disertasi Saat Sidang Doktoral di Unair

Ini merupakan bagian yang benar-benar saya syukuri dalam perjalanan kehidupan saya.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan para penguji pada sidang program doktoral di Universitas Airlangga (Unair).
Foto: Republika.co.id
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan para penguji pada sidang program doktoral di Universitas Airlangga (Unair).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA-- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan para penguji pada sidang program doktoral di Universitas Airlangga (Unair), Kota Surabaya, Jawa Timur pada Kamis (12/9/2024).

Adapun disertasi AHY berjudul 'Kepemimpinan Transformasional dan Orkestrasi Sumber Daya Manusia Kunci Sukses Menuju Indonesia Emas 2045'. Disertasinya tersebut diuji oleh delapan orang dewan penguji dari Unair.

"Niat dan tujuan penulisan disertasi dan penelitian tentang kepemimpinan transformasional dan orkestrasi sumber daya manusia menuju Indonesia Emas 2045 ini memang benar-benar dilatarbelakangi, didorong oleh semangat kita semua yang mungkin representasinya saat ini adalah saya yang menulis, tapi ini adalah semangat seluruh kalangan di Indonesia," ucap AHY menjelaskan soal disertasinya.

Ketua umum DPP Partai Demokrat tersebut berharap, apa yang dituangkan dalam disertasinya dapat memberi manfaat baik di bidang akademis maupun kebijakan publik di masa mendatang. Tujuan akhirnya, sambung dia, untuk mencapai cita-cita terwujudnya Indonesia Emas 2045.

Baca: Anies Beri Ucapan HUT Ke-75 untuk SBY dan Ke-23 untuk Demokrat

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu Dewan Penguji. Ini merupakan bagian yang benar-benar saya syukuri dalam perjalanan kehidupan saya," kata AHY yang terus mendorong percepatan Pendaftaran Tanah di Indonesia.

Adapun yang dewan penguji sidang disertasi tersebut adalah Profesor Rudi Purwono, Profesor Fendy Suhariadi, Profesor Badri Munir Sukoco, Profesor Sri Pantja Madyawati, Profesor Suparto Wijoyo, Profesor Bambang Tjahjadi, Profesor Mohammad Nuh, dan Dr Nuri Herachwati. Khusus M Nuh, dia adalah mantan mendikbud era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Dengan keberhasilannya mempertahankan disertasi dalam ujian tertutup itu, AHY selanjutnya akan dijadwalkan sidang promosi doktoral. Jika lolos sidang maka AHY bakal meraih gelar akademis doktor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement