Rabu 11 Sep 2024 13:23 WIB

Rizky Ridho Ramdhani, Pemain Lokal yang Belum Tergantikan di Timnas Indonesia

Rizky Ridho mendapatkan rating tertinggi menurut laman statistik Lapangbola.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Bek timnas Indonesia Rizky Ridho.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Bek timnas Indonesia Rizky Ridho.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih kepala timnas Indonesia Shin Tae-yong sejauh ini hanya memainkan dua pemain lokal sebagai starter dalam dua laga pertama Grup C Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Pertama saat lawan Arab Saudi, dua nama lokal yang masuk dalam starting eleven adalah Rizky Ridho Ramdhani dan Witan Sulaeman. Sedangkan saat menjamu Australia semalam, Ridho dan Marselino Ferdinan dipercaya menjadi starter.

Baca Juga

Boleh dikatakan, hanya Ridho lah pemain lokal yang tak tergeser walau ada sejumlah nama pemain naturalisasi mengisi skuad Indonesia.

Pelatih asal Korea Selatan tak salah memberikan kepercayaan kepada bek muda Persija Jakarta. Dalam dua laga awal pada babak ketiga, pemain kelahiran 26 November 2001 ini tampil solid di barisan pertahanan.

Data yang dikutip dari laman Lapangbola.com, penyedia statistik sepak bola, saat melawan Australia semalam membuktikan Ridho memang layak mendapat kepercayaan penuh dari Shin Tae-yong.

Ridho yang bermain full selama 90 menit bermain melepaskan sembilan tekel, tertinggi di antara para pemain belakang Indonesia. Ia juga melakukan tiga kali intersep, hanya kalah dua dari Jay Idzes. Untuk sapuan, ia melakukannya tujuh kali, kembali tertinggi di barisan pertahanan Indonesia.

Pada babak pertama, awalnya Ridho tampak kerap mengambil keputusan yang keliru dalam mengintersep atau menghalau bola. Namun perlahan permainannya meningkat dan puncaknya terjadi pada babak kedua. Berkali-kali intersepnya atau halauan bola menjauhkan bahaya dari kotak penalti Indonesia.

Ini membuktikan jika punya kemauan keras untuk bersaing, pemain lokal ternyata juga bisa bersaing dengan pemain naturalisasi. Laman Lapangbola pun menobatkan Ridho sebagai pemain dengan nilai tertinggi, mengungguli rekan-rekannya di lini belakang.

Pengamat sepak bola Mohamad Kusnaeni memuji aksi Ridho. Menurut Bung Kus, sapaannya, Ridho selalu tenang, disiplin, dan tidak mudah kalah dalam duel dengan penyerang lawan.

"Ridho adalah contoh nyata bahwa pemain liga domestik bisa menjadi pilihan pelatih timnas. Itu tadi, dengan catatan ia mampu tampil percaya diri, disiplin, dan mudah beradaptasi dengan game plan yang dibuat pelatih," ujar Bung Kus.

Sebelumnya pada putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026, Ridho juga tak sekadar membantu pertahanan. Ia ikut mencetak gol dari situasi bola mati. Golnya membantu Indonesia mengalahkan Filipina 2-0.

Pemain dengan rating tertinggi pada laga Indonesia vs Australia menurut laman statistik sepak bola Lapangbola

1 Rizky Ridho Ramadhani Indonesia Bek 6,9

2 Calvin Verdonk Indonesia Bek 6,5

3 Marteen Paes Indonesia Kiper 6,4

4 Jay Noah Idzes Indonesia Bek 6,3

5 Harry Souttar Australia Bek 6,3

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement