Rabu 11 Sep 2024 08:52 WIB

Soal Insiden WTC 9/11, Ilmuwan Ragukan 'Faktor Tunggal' Pesawat

Ilmuwan tak puas terhadap hasil investigasi NIST soal penyebab runtuhnya WTC 9/11.

 Menara World Trade Center terbakar tak lama setelah ditabrak pesawat terbang pada pagi hari tanggal 11 September 2001 di New York City, New York, AS (foto diterbitkan kembali 3 September 2021).
Foto:

Pada Juni 2023, Ted Walter bersama dengan David Chandler dari 'Ilmuwan untuk Kebenaran 9/11' dan Tony Szamboti, seorang pakar desain struktural pada industri penerbangan, mempublikasikan artikel lain yang juga menyasar hasil investigasi NIST.

Mereka menyoroti laporan terakhir NIST tentang runtuhnya Gedung 7 WTC. Pihak tersebut menjelaskan adanya tiga tahap gerakan menurun (downward motion) dalam beberapa detik pertama jatuhnya konstruksi tersebut.

Tahap pertama ialah ketika percepatannya lebih kecil daripada gravitasi. Tahap kedua ketika sisi utara gedung turun karena percepatan gravitasi (yaitu, jatuh bebas). Akhirnya, tahap ketiga di mana percepatannya berkurang saat bagian atas gedung mendapat hambatan dari bawah.

NIST mengukur downward motion itu dengan melacak satu titik di dekat bagian tengah garis atap sisi utara. Sementara itu, Ted dan kawan-kawan dalam uraiannya mengukur downward motion yang sama, tetapi dengan melacak empat titik di seluruh lebar garis atap sisi utara.

"Kami menemukan bahwa Tahap 1 versi NIST salah mengartikan dan mengaburkan sifat sebenarnya dari downward motion WTC 7," simpul mereka.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement