REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Indonesia Indicator (I2) melalui riset bertajuk "Tren Media Sosial di Indonesia 2024" dengan menggunakan sistem Intelligence Socio Analytic (ISA) mencatat ada 10 Tokoh Terpopuler di Media Sosial sepanjang 2024. Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang mengatakan, Prabowo Subianto menempati posisi pertama Tokoh Terpopuler 2024 dengan 541.668.056 tanggapan di berbagai platform media sosial.
”Prabowo Subianto memiliki daya tarik bagi netizen di kelima platform media sosial, dengan karakter yang berbeda satu dengan lainnya. Di platform X (dulunya disebut sebagai Twitter), Prabowo mendapat jumlah postingan tertinggi, dengan sentimen negatif sebesar 38%. Namun ternyata, tanggapan tertinggi justru berasal dari platform Tiktok yang menyisakan sentimen negatif hanya sebesar 15% saja," ujar Rustika kepada media, Selasa (31/12/2024).
Hal ini terjadi karena netizen lebih merespons pribadi Prabowo yang tangguh, menarik, mandiri, dan terkesan dizalimi terutama pada saat pilpres. Apresiasi dan dukungan besar pada Prabowo juga diwujukan melalui postingan di Instagram, yang banyak diunggah oleh influencer besar Indonesia, seperti Rafi Ahmad/ Nagita, dan memberikan tanggapan yang positif. Konten dengan emosi ”joy” seperti berbagai momen viral "Dance Gemoy" atau karakter Si Gemoy berhasil mencuri perhatian publik dan meningkatkan keterlibatan positif.
Gibran Rakabuming dengan 239.333.797 tanggapan menempati menempati posisi kedua. Figur ini banyak mencuri perhatian terutama pada saat masa kampanye, kedekatan dengan Prabowo, dan isu saat debat cawapres yang sempat kontroversial. Secara jumlah unggahan di media sosial, Gibran banyak dibincangkan di plaftorm X, dengan sentimen negatif sekitar 39%.
Meski demikian, postingan dengan unggahan negatif di platform X tersebut tidak banyak mendapat banyak tanggapan netizen, jika dibandingkan dengan postingan di platform Tiktok dan Instagram. Rustika menunjukkan bahwa selama setahun terakhir, tanggapan negatif yang ditujukan pada Gibran hanya sekitar 17%. Emosi trust mendominasi, dipicu oleh euforia kemenangan dan dukungan netizen terhadap perannya sebagai calon wakil presiden.
Sementara itu, Joko Widodo (Jokowi) yang pada 2023 menempati posisi pertama Tokoh Terpopuler di media sosial menempati peringkat ketiga dengan 226.800.845 tanggapan. Sama halnya, dengan Prabowo dan Gibran, Jokowi juga paling banyak dibincangkan di platform X, dengan tone negatif sebesar 21%. Namun demikian, Jokowi lebih banyak direspons dan mendapat atensi di Tiktok dan Instagram melalui influencer yang meng-highlight kegiatan positifnya,’’ ungkap Rustika.
Netizen banyak memberi atensi pada momen-momen spontan maupun aktivitas Presiden Jokowi selama pilpres, mengkampanyekan IKN, hingga aktivitas setelah memasuki masa pensiun.
Peringkat keempat Tokoh Terpopuler diduduki Anies Baswedan dengan 220.355.948 tanggapan. Menurut Rustika, Anies mendapat perhatian besar di masa kampanye dengan 62,3% diskusi berasal dari platform X. Sentimen cukup berimbang dengan nada negatif yang lebih banyak diarahkan kepada pendukungnya daripada dirinya langsung.