Selasa 10 Sep 2024 17:06 WIB

Erwan Setiawan Sesalkan Masjid Al-Jabbar Cikembar yang Sepi dan tak Terawat

Erwan janji akan memfungsikan masjid Al-Jabbar dengan baik.

Calon wakil gubernur Jawa Barat, Erwan Setiawan, saat mampir untuk sholat di Masjid Al-Jabbar.
Foto: istimewa/tangkapan layar
Calon wakil gubernur Jawa Barat, Erwan Setiawan, saat mampir untuk sholat di Masjid Al-Jabbar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon wakil gubernur Jawa Barat,  Erwan Setiawan, menyesalkan, masjid Al-Jabbar  Cikembar, Sukabumi yang dibangun pemerintah propinsi Jawa Barat tidak berfungsi maksimal. Bahkan, dalam penilaian Erwan, masjid besar yang bersebelahan dengan PT Baju Indah di Desa Bojong Kembar, Kecamatan Cikembar itu  terlihat tidak terawat.

"Terus terang, saya sedih dan menyayangkan, masjid sebesar itu bukan saja tidak berfungsi maksimal, tapi juga tidak dirawat dengan baik. Padahal, biaya pembangunannya puluhan miliar," kata Erwan, dalam siaran pers, Selasa (10/9/2024).

Menurut mantan wakil bupati Sumedang yang kini berduet  dengan Dedi Mulyadi pada Pilgub Jabar 2024 ini,  kasus masjid Al-Jabbar  Cikembar itu harus menjadi pelajaran penting sekaligus perhatian semua pihak. "Jangan asal bangun masjid dengan biaya sangat mahal, tapi tidak dipertimbangkan banyak faktor. Salah satunya, faktor lingkungan sekitar. Akhirnya, masjid bukan cuma tidak terurus, tapi juga tak difungsikan sebagaimana mestinya," ungkapnya.

Padahal, lanjut Erwan, masjid itu dibangun, setidaknya, untuk dua fungsi utama. Pertama, sebagai tempat ibadah umat Islam, khususnya sholat lima waktu. Kedua, sebagai tempat dakwah dalam mensyiarkan Islam sebagai agama Rahmatan Lilalamin.

Dalam pantauan Erwan saat mampir untuk sholat Ashar di masjid Al-Jabbar , pada Selasa (10/9), bukan saja tak terlihat ada orang yang sholat di sana, tapi juga tak ada kegiatan seperti pengajian. "Saya hanya ketemu satu orang yang mengaku sebagai petugas kebersihan masjid. Tanpa dibayar, dia ikhlas melakukan bersih-bersih. Tapi, sehari harinya masjid kosong, apalagi kalau malam lampu pun mati," tegasnya.

Untuk itulah, Erwan mengajak semua pihak, khususnya pemerintah propinsi sebagai pihak yang membangun masjid itu harus ikut bertangungjawab memfungsikan masjid itu dengan maksimal. "Sebagai orang Islam, kita punya kewajiban untuk memakmurkan masjid agar masjid benar-benar hidup dan berfungsi sebagaimana mestinya. Yaitu, tempat ibadah, tempat kegiatan sosial dan dakwah mengajak orang berbuat baik," papar Erwan.

Terkait dengan posisinya sebagai calon wakil gubernur, Erwan mengaku akan memberikan perhatian khusus. Apalagi, jika pada saatnya nanti terpilih pada Pilgub November 2024 mendatang. "Mohon doanya saja, insya Allah, ke depan masjid Al-Jabbar  Cikembar tak lagi terbengkalai baik terkait dengan fungsinya sebagai tempat ibadah, maupun tempat berdakwah," tegasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement