Senin 09 Sep 2024 23:46 WIB

Sebanyak 21 Sekolah di Gowa Raih Penghargaan Adiwiyata

Sekolah di Gowa harus terus meningkatkan kualitas.

Ilustrasi anak-anak sekolah di Gowa beraktivitas.
Foto: Antara/Abriawan Abhe
Ilustrasi anak-anak sekolah di Gowa beraktivitas.

REPUBLIKA.CO.ID, GOWA -- Sebanyak 21 sekolah masing-masing 16 Sekolah Dasar (SD) dan 5 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menerima piagam penghargaan Adiwiyata atau sekolah peduli berbasis budaya dan lingkungan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa Andy Azis di Gowa, Senin, menyerahkan langsung piagam penghargaan tersebut kepada para kepala sekolah.

Baca Juga

“Program Adiwiyata pada sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Gowa ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan pengetahuan para generasi muda, dan siswa dalam melestarikan lingkungan,” ujarnya.

Andy mengatakan bahwa sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran lingkungan, Pemerintah Kabupaten Gowa melaksanakan program Adiwiyata pada sekolah-sekolah.

Oleh karena itu sebagai wujud apresiasi, Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Dinas Lingkungan Hidup kembali memberikan apresiasi kepada 21 sekolah yang telah memenuhi kriteria sekolah peduli dan berbudaya lingkungan.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Gowa, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua penerima, semoga penghargaan ini mampu ditingkatkan pada tingkat provinsi dan nasional pada tahun-tahun berikutnya,” harapnya.

Salah satu, penerima penghargaan, Kepala SMP Negeri 5 Sungguminasa, Chalwatiah Salam mengatakan penghargaan itu merupakan anugerah yang luar biasa, karena akan menjadi salah satu motivasi pihaknya dalam menjaga kelestarian lingkungan seperti menanam tumbuhan tanaman obat.

Ia pun kemudian mempersiapkan segala sesuatu terkait dengan hal-hal yang dinilai dalam lingkungan terutama tentang keasrian lingkungan.

“Di sekolah kami ada pemilahan sampah, tanaman atau apotik hidup, peresapan air, serta kami juga memberikan tugas kepada siswa berkaitan dengan lingkungan hidup, pembelajaran terkait lingkungan hidup dalam bentuk prakarya siswa, dan pojok baca terkait lingkungan hidup,” jelasnya.

Dirinya pun berharap dengan diraihnya penghargaan Adiwiyata tingkat kabupaten ini, mampu mengantarkan SMPN 5 Sungguminasa meraih di tingkat provinsi.

Adapun 21 sekolah penerima Adiwiyata di masing-masing kecamatan antara lain, Kecamatan Pallangga yaitu Madrasah Ibtidaiyah Pancana, SDN Taeng dan MTs Muhammadiyah Julubori. Sementara Kecamatan Somba Opu yaitu SDI Bonto-Bontoa, SDI Samata dan SMPN 5 Sungguminasa.

Kemudian untuk Kecamatan Tinggimoncong yaitu SDI Pallangga dan Kecamatan Bontomarannu yaitu SDI Mawang, SDN Panaikang, SDI Bonto-Bonto dan SDI Bontomanai.

Untuk Kecamatan Bontonompo yaitu SDN Barembeng II, SDN Kokowa, SDI Tabinjai dan SDI Bontonompo, sedangkan di Kecamatan Bajeng yaitu SDI Kalebajeng dan Kecamatan Biringbulu yaitu SDI Baturappe.

Di Kecamatan Barombong yaitu SMP IT Al-Qalam Gowa Boarding School dan SMPN 3, sementara Kecamatan Parangloe, ada Madrasah Ibtidaiyah Ujung Bulo, dan SDI Mala’lang.  

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement