Kamis 05 Sep 2024 11:34 WIB

Tifatul Sembiring Buat Surat Terbuka ke Refly Harun

Tifatul merasa pernyataannya terkait Anies dipelintir oleh Refly dalam siniar.

Ketua Dewan Penasihat DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Tifatul Sembiring.
Foto: Dok DPR
Ketua Dewan Penasihat DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Tifatul Sembiring.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Penasihat DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Tifatul Sembiring merasa geram dengan Refly Harun. Hal itu lantaran pernyataannya dalam acara siniar yang digawangi Refly ternyata dipelintir.

Tifatul pun akhirnya memberikan klarifikasi. "Hak jawab saya atas podcast Dr Refly Harun: Masya Allah, sekelas Doktor Refly Harun pun ikut-ikutan membolak-balik pernyataan saya," kata Tifatul di Jakarta, Kamis (5/9/2024).

Baca Juga

Mantan presiden PKS tersebut menjelaskan, dalam salah satu sesi, ia merepons pertanyaan dari warganet yang dibacakan pembaca acara. Tifatul menjelaskan, Koalisi Perubahan yang mengusung Anies Rasyid Baswedan mendapatkan kenaikan kursi di Senayan.

Namun, dibandingkan PKS, Partai Nasdem dan PKB yang paling memperoleh efek ekor jas dalam pengusungan Anies. Pasalnya, PKS hanya mendapat kenaikan tiga kursi. Sedangkan Nasdem dan PKB masing-masing bertambah 10 kursi di DPR RI.

"Padahal saya menjawab, pernyataan akun Budiono, bahwa 'yang dapat coattail effect Anies di pilpres, bukan PKS tapi Nasdem dan PKB'. Masing-masing mereka naik 10 kursi. Walau demikian, yang pertama, awal sekali mengusung Anies di Pilgub DKI, adalah PKS. Sayang, gayung tak bersambut," kata Tifatul.

Dalam pernyataannya, Tifatul tidak pernah menjelekkan Anies. Nyatanya, ketika siniar itu tayang, ia seolah menyerang Anies. Dia pun kecewa dengan cara main Refly.

"Tidak ada kalimat yang melecehkan Anies di situ, lalu Anda ubah menjadi 'TOKOH_TOKOH PKS: ANIES ANDA ITU TIDAK BERJASA BUAT PKS' Sangat provokatif sekali yaa..

Sekarang, Tifatul berterus terang sangat menyayangkan ulah Refly. Dia pun tidak lagi hormat dengan pakar hukum tata negara tersebut.

"Wah…wah… dari semula anda yg saya anggap negarawan, Pak Refly, sekarang, mungkin demi viewers podcast, Anda pelintir pernyataan saya. Sorry, hilang respek saya Pak…Hasbunallah wani’mal wakiil, ni’mal mawla wani’man nashiir…," kata Tifatul.

Yang membuat Tifatul juga geram, ada sejumlah media yang mengutip pernyataan salah di siniar Refly menjadi berita. Dia pun membagikan tangkapan layar sejumlah media, yang seolah berasal dari pernyataannya terkait Anies.

Flyer Anies buatan Refly...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement