Senin 02 Sep 2024 06:53 WIB

Sabet Gelar Juara Mandiri Indonesia Open 2024, Steve Lewton: Ini Sangat Berarti Bagi Saya

Lewton mengaku tak pernah terpikirkan bisa menjadi juara.

Rep: Antara/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pegolf Inggris Steve Lewton menjuarai Mandiri Indonesia Open 2024 melalui pertarungan playoff dramatis, Ahad (1/9/2024),
Foto: Dok. MIO2024
Pegolf Inggris Steve Lewton menjuarai Mandiri Indonesia Open 2024 melalui pertarungan playoff dramatis, Ahad (1/9/2024),

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pegolf Inggris Steve Lewton menjuarai Mandiri Indonesia Open 2024 melalui pertarungan playoff dramatis, Ahad (1/9/2024), setelah pertandingan hari terakhir menghasilkan tiga pegolf menghuni posisi teratas dengan skor yang sama.

Selain Lewton, posisi teratas juga dihuni oleh Sampson Zheng dan Aaron Wilkin dengan masing-masing 268 pukulan atau 16 under.

Baca Juga

Lewton hampir mengamankan gelar juara tanpa harus memainkan playoff ketika unggul dua pukulan saat menyelesaikan hole 17. Namun pada hole terakhir, Lewton melakukan double bogey, yang membuat laga playoff harus dimainkan.

“Kemenangan ini sangat berarti untuk saya. Saya tidak pernah berpikir akan menjadi juara. Terima kasih Damai Indah Golf. Kondisi lapangan ini sangat bagus, masih seperti sepuluh tahun lalu. Semua pemain merasa senang bermain di sini,” kata Lewton usai pertandingan.

Pada 2014, Lewton menghuni posisi T64 saat bermain di lapangan yang sama, yakni Damai Indah Golf Pantai Indah Kapuk, Jakarta. “Akhirnya saya menjadi juara, bukan runner up lagi,” tambah Lewton.

Lewton bermain konsisten selama empat hari berturut-turut dengan mencatatkan 67,67, 66, dan 68 pukulan.

Sebagai juara dia mendapatkan trofi dan hadiah uang tunai sebesar 90.000 dolar AS. Kemenangan Lewton membuktikan bahwa dalam golf, hasil akhir masih dapat berubah pada detik-detik pamungkas. Sebab pada hari pertama sampai ketiga, Zheng dan Wilkin merupakan pemuncak klasemen sementara.

Lewton cukup banyak menghabiskan kariernya dengan bermain di Asia. Ia merupakan juara turnamen Asian Tour pada 2014, yakni Mercuries Taiwan Masters.

Pada 2017, Lewton merupakan juara Solaire Philippine Open yang merupakan bagian dari Phillipine Golf Tour. Di turnamen itu dia juga menang playoff atas Johannes Veerman.

Sejak itu Lewton tidak pernah memenangkan turnamen apa pun hingga akhirnya menjadi juara Indonesia Open 2024.

Persaingan Indonesia Open 2024 sangat ketat dari hari pertama hingga terakhir. Posisi berikutnya, yaitu T4 ditempati oleh Travis Smyth dan Lin Yun Wei hanya dengan selisih satu pukulan. Mereka masing-masing mencetak 269 pukulan atau 15 under.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement