Ahad 01 Sep 2024 19:34 WIB

Relawan Prabowo Siap Menangkan Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta 2024

Relawan Prabowo Deklarasikan Pasukan Jalak

Rep: Rizky Suryandika / Red: Nashih Nashrullah
Deklarasi Pasukan Jalak yang merupakan gerakan dari Rumah Keluarga Besar (RKB) mendukung Ridwan Kamil dan Suswono dalam Pilgub Jakarta 2024. Dok RKB
Foto: Dok Isti
Deklarasi Pasukan Jalak yang merupakan gerakan dari Rumah Keluarga Besar (RKB) mendukung Ridwan Kamil dan Suswono dalam Pilgub Jakarta 2024. Dok RKB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sebanyak 33 Komunitas Relawan se-Jakarta mendeklarasikan dukungan kepada bakal calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Daerah Khusus Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Deklarasi ini dilakukan di acara launching Pasukan Jalak yang merupakan gerakan dari Rumah Keluarga Besar (RKB). RKB ialah relawan pendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Baca Juga

“Hari ini kita semua berkumpul di sini untuk bersama-sama berkompetisi kembali memenangkan pasangan yang sudah diperintahkan untuk diusung oleh Pak Prabowo sebagai Presiden terpilih 2024-2029,” kata mantan Komandan Golf Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Haris Rusly Moti dalam deklarasi di kawasan Ampera, Jakarta Selatan, Ahad (1/9/2024).

Moti menyakini Jakarta baru di bawah kepemimpinan Ridwan Kamil bakal lebih maju. Aktivis 98 ini menyebut pentingnya memilih calon pemimpin daerah yang selaras dengan Prabowo-Gibran.

"Kami tidak menghendaki Gubernur, Bupati, Wali Kota menjadi oposisi terhadap pemerintah pusat, sebagai kepala daerah secara konstitusi sudah seharusnya selaras dan tunduk melaksanakan kebijakan pemerintah pusat," ujar Moti.

Moti mendorong agar kontes Pilkada 2024 tak dihiasi isu SARA. "Kami berharap Pilkada Jakarta dan Pilkada serentak untuk memilih Gubernur, Bupati dan Wali Kota di seluruh wilayah Indonesia berlangsung sejuk, rukun dan damai. Jangan ada benturan SARA," ujar Moti.

Berbekal pengalaman sebagai Arsitek, Wali Kota Bandung, dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dinilai dapat membuat pembangunan dibutuhkan warga Jakarta. Para relawan berharap Ridwan Kamil dan Suswono dapat melanjutkan kejayaan Jakarta era Ali Sadikin.

“Saya berharap, Bang Emil (Ridwan Kamil) dan Babe Ono (Suswono) menjadi pengayom yang bisa mencapai Jakarta lebih baik lagi di masa mendatang," ujar Moti.

Moti meyakini Ridwan Kamil dapat sejalan dengan pemerintahan Prabowo kalau resmi terpilih di Pilkada 2024.

"Mudah-mudahan lahir pemimpin yang mendukung program Prabowo-Gibran dan tidak menjadi oposan pemerintah," ucap Moti.

Sementara itu, Ridwan Kamil dan Suswono mengapresiasi para relawan yang sudah mendeklarasikan dukungan.

“Saya hadir bersama Babe Ono untuk menghaturkan terimakasih atas niat baik menghadirkan Republik yang lebih baik yang dipimpin orang-orang yang kita nilai membawa semangat Indonesia makmur,” kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil berjanji bakal sejalan dengan program pemerintahan Prabowo-Gibran. Apalagi Ridwan Kamil merupakan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran di Jawa Barat.

“Kalau kami menang, Pak Prabowo satu frekuensi dengan kami, itu yang penting, beliau tenang, beliau fokus, Jakarta diutus kebetulan saya ketua TKD tim kampanye daerah,” kata Ridwan Kamil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement